M Joni : KPR dengan DP 0% Bukan Ilusi

0
Muhammad Joni, SH, MH. - Masyarakat Konstitusi Indonesia penggiat Housing and Urban Development Instiute| Foto Ist.

“Bela dan berpihaklah kepada rakyat kecil yang lemah akses pembiayaan dan minimal pendapatannya”

telnews | Jakarta | Ketua Masyarakat Konstitusi Indonesia, Muhammad Joni, SH, MH, mengatakan bahwa terkait penyediaan rumah sebagai pemenuhan hak dasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) harus menggunakan jurus progresively and full achievement. “Termasuk pembiayaan perumahan bagi MBR, tak selalu harus menggunakan skim ala KPR formal, tapi bisa juga dengan formal atau dengan skim multy finance” jelas Joni.

Kebijakan soal rumah untuk MBR ini, Joni juga menyebutkan jangan hanya peduli dan membebek pada kepentingan pemodal besar. “Bela dan berpihaklah kepada rakyat kecil yang lemah akses pembiayaan dan minimal pendapatannya” jelas advokat dari Kantor Hukum Joni & Tanamas ini.

Lebih dalam Joni juga menyebutkan bahwa mengabaikan kebijakan yang berpihak pada rakyat kecil yang terseok-seok demi memenuhi kebutuhan dasar atas tempat tinggalnya, merupakan hubungan paling buruk dalam kehidupan bernegara. “Itu bentuk  relasi yang tidak senonoh antara penguasa dengan rakyatnya” tegas Joni.

Terkait heboh soal DP 0% seperti dicetuskan oleh Calon Gubernur DKI Anies Baswedan, Joni tegaskan bukanlah ilusi. Sebab itu hanya menyangkut soal kebijakan, apakah akan berpihak pada MBR atau sebaliknya berpihak pada kepentingan para pemilik modal.  “Teman saya Ali Tranghanda, Ketua Indonesia Property Watch, dan sama bergeliat di Housing and Urban Development Instiute malah sudah lama gagas DP 0% itu” papar Joni, seraya menegaskan bahwa ikhwal DP Nol itu bukan ilusi dan ide ngawur. “Siapa perlu aqua?” sindir Joni | red – 03 |