telusur.co.id | Jakarta | Pemerintah akan menaikan anggaran dana bantuan kepada partai politik sebesar 1.000 rupiah per suara yang sah. Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Tak hanya itu, bahkan mantan direktur Bank Dunia, telah menyurati Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk ditindaklanjuti sebab ia menilai kenaikan Rp 1.000 Rupiah mendekati rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengatakan  RP 1.071 per suara yang sah.

“KPK merekomendasikan ini karena partai politik harus berfungsi tanpa melakukan berbagai kegiatan korupsi,” ujarnya di Jakarta, Senin (28/8).

BACA JUGA :  Gerindra Setuju 100 Persen Negara Biayai Parpol

Selain itu, dikatakan Sri Mulyani, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan meminta BPK untuk selalu melakukan evaluasi terhadap kenaikan dana bantuan untuk Parpol.

Kenaikan anggaran parpol yang semula Rp.108 Rupiah per suara yang sah, tambah Sri Mulyani, sangat kecil sehingga parpol yang seharusnya menjadi sarana tujuan bernegara tak berjalan dengan maksimal

“Sebagaimana Undang – Undang (UU) No 2 Tahun 2008 tentang partai politik, dan Peraturan Pemerintah (PP) No 5 Tahun 2009 terjait Bantuan Keuangan kepada Partai Politik, ucapnya.| red-06 |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini