Baru 2 Jam Dipublikasi, Info Hasil Pendaftaran SIPOL KPU Tak Bisa Lagi Diakses, Ada Apa?

0

telusur.co.id | Jakarta | “KPU Publish SIPOL, Publik Bisa Akses Hasil Pendaftaran Parpol”, demikian bunyi judul berita website resmi KPU, Rabu (18/10) yang dilansir pukul 17:26:09 lalu yang juga menyertakan link yang dimaksud, agar publik bisa melihat hasil proses pendaftaran yang dilakukan KPU. Namun sayang, akses publik ke Sipol KPU tersebut praktis, hanya berlangsung 2 jam setelah munculnya berita tersebut.

Baca : Publik Bisa Akses Info SIPOL, PBB Salah Satu Parpol Yang Sudah Diterima KPU Pendaftarannya

Hingga berita ini diturunkan, laman situs yang dipublikasikan KPU yang beralamat di  https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019/verpol/mendaftar tersebut hanya menampilkan halaman utama yang berisi informasi tahapan Pemilu Legislatif 2019, menu fitur yang tersedia saat diakses menampilkan informasi “situs sedang dalam maintenance”

Padahal sebelumnya, pada pukul 19.33 saat redaksi telusur mencoba mengaksesnya bisa menampilkan tiga menu fitur yang disediakan yaitu (1) Rekapitulasi Parpol, (2) Parpol Yang Sudah Diterima Pendaftarannya dan (3) Parpol Yang Tidak Diterima Pendaftarannya.

Saat redaksi telusur.co.id mengakses menu fitur “Parpol Yang Sudah Diterima Pendaftarannya” tampak di laman tersebut Partai Bulan Bintang (PBB) berada di urutan ke 7 dari parpol yang sudah diterima pendaftarannya, diikuti Partai Daerah Aceh, PDIP, Partai Demokrat dan Partai Gerindra di urutan ke-11. Sementara untuk informasi partai yang tidak diterima pendaftarannya, diantaranya adalah, (1) Partai Karya Peduli Bangsa, (2) Partai Damai Sejahtera, (3) Partai Gabungan Rakyat Aceh Mandiri, (4) dan seterusnya beberapa parpol lain secara berurutan.

Namun disayangkan, sejak pukul 20:52 hingga berita ini diturunkan, informasi pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019 sesuai data SIPOL KPU itu tak terlihat lagi, yang muncul hanyalah “situs sedang dalam maintenance”.

Kejadian ini sangat disayangkan oleh DR. Harjono Padmono Putro, ST.Kom, Ketua Bdang Sistem Informasi Partai DPP Partai Bulan Bintang yang mengaku akan mengkonfirmasinya ke pihak KPU.

“Kita lihat perkembangannya seperti apa dalam beberapa jam ke depan, kenapa laman informasi yang baru beberapa jam itu tak bisa diakses publik lagi,” ujar Harjono.

Ketua Bidang IT yang juga akademisi Universitar Krisna Dwipayana itu juga merasa heran, maintenance seperti apa yang dilakukan KPU, padahal baru lebih kurang dua jam dipublikasikan.

“Konstituen kami di daerah di seluruh pelosok tanah air juga bertanya-tanya, bahkan ada yang mulai curiga jangan-jangan data dan status pendaftaran PBB nanti berubah dari informasi yang disajikan KPU ke publik dua jam lalu” ujarnya.

Ditegaskan Harjono, pihaknya akan melakukan langkah-langkah teknis dan konfirmasi ke KPU, bahkan langkah hukum jika diperlukan.

“Ya, pasti kami akan lakukan langkah-langkah teknis dengan mengkonfirmasi ke KPU, termasuk juga akan melaporkan dan mengkonsultasikan hal ini ke Prof. Yusril, untuk meminta petunjuk jika diperlukan langkah-langkah hukum bila terjadi sesuatu,” pungkasnya. | red-03 |

 

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini