Ilustrasi Pemilu/telusur.co.id

telusur.co.id | Purwokerto  Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi mengatakan, hingga batas akhir pendaftaran masih ada beberapa parpol yang berkas persyaratannya belum lengkap sehingga harus diperbaiki.

“Ada Surat Edaran KPU RI Nomor 85 Tahun 2017, bagi parpol yang tadi malam menyerahkan persyaratan pendaftaran hingga pukul 00.00 WIB namun masih ada kekurangan, diberi waktu 1×24 jam untuk memperbaiki,” kata Unggul, Selasa (17/10) di Purwokerto, Banyumas.

Ia mengatakan beberapa parpol yang diminta untuk memperbaiki berkas persyaratan pendaftaran di antaranya Partai Idaman, Partai Hanura, dan PKB.

Setelah semua parpol memperbaiki berkas persyaratan pendaftaran, kata dia, pihaknya akan segera melakukan verifikasi administrasi dan faktual di lapangan.

Sebelumnya, Unggul mengatakan verifikasi terhadap parpol baru tidak hanya administrasi administrasi tetapi juga verifikasi faktual dengan melihat fakta di lapangan, salah satunya mengecek keberadaan kantor parpol.

BACA JUGA :  Jika KPU Langgar Aturan, Yusril Pastikan Pimpin Perlawanan Hukum

“Khusus untuk parpol lama (yang pernah mengikuti Pemilu 2014), kami hanya melakukan verifikasi administrasi, antara lain dengan menilai kesesuaian jumlah anggota, kemungkinan adanya anggota yang tercacat di parpol lain, dan penulisannya dobel atau lebih demi memenuhi persyaratan minimal keanggotaan,” katanya.

Oleh karena penduduk Kabupaten Banyumas lebih dari 1.000.000 jiwa, kata dia, setiap parpol minimal harus memiliki anggota 1.000 orang.

“Khusus untuk kabupaten/kota yang jumlah penduduknya kurang dari 1.000.000 jiwa menggunakan hitungan permil,” jelasnya.

Sementara itu menurut Unggul ada 5 partai politik baru mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum 2014 di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

BACA JUGA :  KPU Pamekasan Tolak Pendaftaran Partai Besutan Rhoma Irama

“Hingga batas akhir pendaftaran yang berlangsung tengah malam tadi, ada sekitar 16 parpol yang menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran ke KPU Banyumas, lima di antaranya merupakan parpol baru,” ujar Unggul.

Ia mengatakan lima parpol baru itu terdiri atas Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Idaman, Partai Berkarya, dan Partai Idaman.

Sementara 11 parpol lainnya merupakan parpol lama yang terdiri atas Partai Nasdem, PKB, PKS, PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang. | red-03/ant |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini