Telusur.co.id | Pentagon | Angkatan Laut amerika serikat akan melakukan latihan gabungan dengan tiga kapal induk di Pasifik Barat untuk pertama kalinya dalam satu dekade.Telusur.co.id | Pentagon | Angkatan Laut amerika serikat akan melakukan latihan gabungan dengan tiga kapal induk di Pasifik Barat untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

Armada kapal induk yang terdiri dari USS Ronald Reagan, USS Nimitz dan USS Theodore Roosevelt akan melakukan latihan pertahanan udara, pengawasan laut, penyelamatan di laut dan pelatihan lainnya di perairan internasional pada 11-14 November, kata salah satu prajurit Angkatan Laut.

“Ini adalah kesempatan yang sangat langka bisa melihat 2 kapal induk melakukan latihan secara bersama-sama, dan bahkan jarang bisa berlatih dengan tiga kapal induk sekaligus,” kata Komandan Armada Pasifik A.S. Scott Swift. “Latihan di Pasifik Barat ini merupakan bukti kuat kemampuan tempur yang dimiliki Armada Pasifik A.S. dan merupakan wujud nyata komitmen A.S. terhadap keamanan dan stabilitas kawasan ini.”

BACA JUGA :  Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah AS, Ada Apa..?

Terakhir kali tiga armada kapal induk ini beroperasi bersama di Pasifik Barat selama latihan Valiant Shield 2006 dan 2007, yang berada di lepas pantai Guam.

Pengumuman latihan tersebut disampaikan saat Presiden Donald Trump tiba di China untuk membahas program nuklir dan rudal Korea Utara.

Pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa presiden Trump bermaksud untuk menekan China, sekutu terdekat Korea Utara dan mitra dagang teratas agar Korea Utara untuk meninggalkan program nuklirnya.

Sebelumnya di Seoul, Trump memperingatkan Pyongyang bahwa sebaiknya “tidak meremehkan” Amerika Serikat.

BACA JUGA :  AS dan China Bersiap untuk Perang AI

“Kami akan mempertahankan keamanan¬† bersama, kemakmuran bersama dan kebebasan kita,” kata Trump kepada anggota Majelis Nasional Korea Selatan. Trump juga mencatat bahwa tiga kapal induk A.S. “berada tepat” di dekat Semenanjung Korea. | red-12/VOA |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini