Ustadz Akfian Tanjug Di Persidangan

telusur.co.id | Surabaya | Setelah memasuki proses peradilan di Pengadilan Negeri Surabaya, kasus hukum yang dihadapi Alfian Tanjung memasuki tahap penuntutan. Dosen Universitas Muhammadiyah itu dituntut 3 tahun penjara oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya.

Dalam pembacaan tuntutan itu disampaikan oleh lima orang Jaksa secara bergantian diruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya, Senin, (27/11/17). Dalam sidang, JPU menegaskan terdakwa Alfian Tanjung bersalah dan terbukti melanggar pasal pasal 16 Jo pasal 4b, UU Nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

BACA JUGA :  Alfian Tanjung Kembali Ditangkap Polisi, Pengacara : Aneh, Surat Penahanan Tidak Ada Tanggalnya!

Pasal 16 itu berbunyi, setiap orang dengan sengaja menunjukan kebencian atas ras benci kepada orang lain berdasarkan diskriminasi ras dan etnis dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak Rp 500 juta.

”Menuntut terdakwa Alfian Tanjung dengan hukuman 3 tahun penjara ” ujar JPU Rachmat Supriyadi dihadapan Majelis Hakim.

JPU menuntut 3 tahun karena terdakwa bersikap sopan dan belum pernah dihukum sebelumnya. “Untuk hal yang meringankan,” katanya.

Menanggapi hal itu, kuasa hukum Alfian Tanjung, Abdullah Alkatiri keberatan dengan tuntutan JPT dan akan mengajuka pembelaan pada persidangan berikutnya. “Kan tuntutan itu wajar. Tapi kan belum selesai,” tegasnya.

BACA JUGA :  Subhanallah, Ulama dan Kiai Siap Jadi Jaminan Ust. Alfian Tanjung

Pada persidangan berikutnya, Abdullah akan mengajukan pembelaan terhadap apa yang dituntut oleh JPU. “Ya tuntutan dan kita belum mengajukan pembelaan minggu depan pembelaan,” katanya.

Sebelumnya, Alfian Tanjung sudah divonis tak bersalah dan menghirup udara bebas dari Rumah Tahanan Kelas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo. Namun, Alfian ditangkap kembali oleh petugas, Rabu 6 September 2017, sekitar pukul 18.00 WIB. | red-4 |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini