Telusur.co.id | Korea Utara | telah mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat meninggalkan program nuklirnya, yang menurutnya diperlukan sebagai pertahanan terhadap ancaman AS.

Han Tae Song, duta besar negara Korea Utara untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengesampingkan perundingan dengan Amerika selama latihan militer gabungan AS-Korea Selatan terus berlanjut.

Dia mengatakan bahwa negaranya “siap” untuk mendapatkan sanksi baru dan menolak kemungkinan Korea Utara ditambahkan ke daftar negara yang mensponsori terorisme.

“Negara saya akan terus membangun kemampuan pertahanan dirinya sendiri, segala perundingan tidak kami hiraukan jika pasukan AS dan para sekutunya tetap mempunyai senjata nuklir yang dapat dijadikan sebagai alat pemerasan,” katanya.

“Negara kita merencanakan penyelesaian akhir dari senjata nuklir.”

Dia juga mengkritik sanksi yang diberikan kepada negaranya, dengan mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk “mengisolasi dan mencekik dan dengan sengaja membawa bencana kemanusiaan daripada mencegah pembangunan senjata seperti yang diklaim oleh AS.”

Han bahkan membuat sebuah catatan yang menantang, mengatakan Pyongyang “siap” untuk tindakan ekonomi baru melawan sanksi.

Duta Besar Korut berbicara tetang misi Korea Utara di Jenewa pada hari Jumat, karena Korea Selatan dan AS sepakat di Seoul untuk terus bekerja sama menuju akhir yang damai dalam krisis ini.

“Seorang utusan AS mengatakan sulit untuk menilai niat Pyongyang karena tidak ada sinyal “.

Han menilai bahwa kerja sama yang sedang berlangsung antara kedua sekutu tersebut dengan menggunakan aset nuklir, kapal induk dan pembom strategis di Korea Selatan merupakan tindakan provokatif yang dapat memicu perang.

“Selama ada kebijakan bermusuhan yang terus-menerus melawan negara saya (Korut) oleh AS dan selama ada permainan perang terus di depan pintu kami, maka tidak akan ada negosiasi,” katanya.

Sekitar 28.500 tentara Amerika ditempatkan di Korea selatan, setelah perang tahun 1953.
| red-12/skynews |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini