telusur.co.id | Iran | Sebuah gempa berkekuatan 7,3 skala richter di kota Halabja, Irak yang batasan dengan Iran, menewaskan beberapa orang di Iran, kata pejabat Iran.

Televisi Irak melaporkan setidaknya 130 orang tewas di Iran dan setidaknya 1.000 orang terluka dalam gempa tersebut.

Empat orang tewas di Irak timur dan puluhan lainnya cedera di kota Darbandikhan, Irak, Omar Ahmad, gubernur Sulaimaniya.

Gempa tersebut berpusat di sekitar 350 kilometer (217 mil) utara Baghdad, dirasakan di seluruh Irak, menurut Survei Geologi AS. Gempa tersebut menghancurkan bangunan di Darbandikhan, menurut video dari AFP.

BACA JUGA :  Manokwari di Guncang Gempa berkekuatan 6,1

Orang-orang kemudian berkumpul di Rumah Sakit Sulaymaniyah di Irak Utara, setelah gempa besar pada hari Minggu (12/11) lalu.

Organisasi Meteorologi Irak mengeluarkan sebuah peringatan tentang gempa susulan dan menghimbau warga agar tetap menjauh dari bangunan dan menahan diri untuk tidak menggunakan lift.

Guncangan juga dirasakan di Pakistan, Lebanon, Kuwait dan Turki, kantor berita di negara-negara tersebut terus memberitakan soal gempa ini.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan turut berbela sungkawa kepada seluruh korban gempa yang di Irak maupun di negara lain. | red-12/cnnews |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini