telusur.co.id l Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendorong Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ukraina untuk meningkatkan dan terus mengembangkan diplomasi budaya.

“Diplomasi budaya bisa jadi pintu masuk bagi peningkatan hubungan yang lain, termasuk ekonomi dan bisnis,” kata Fadli Zon saat berdialog dengan Dubes RI di Ukraina, Yuddy Chrisnandi, di Kantor Kedutaan RI di Kiev, Senin waktu setempat (13/11).

Dialog ini merupakan bagian rangkain kegiatan Muhibah DPR di Ukraina. Fadli Zon didampingi anggota Fraksi PKS Nasir Djamil dan anggota Fraksi Gerindra Nur Zahedi Tanjung. Sementara dalam dialog, Yuddy didampingi staf KBRI secara lengkap.

BACA JUGA :  HGB Reklamasi Super Kilat, Fadli : Ini Preseden Buruk Penegakkan Hukum

Fadli Zon, yang juga merupakan cendekiawan, budayawan serta peminat sejarah, mengatakan bahwa bagi Eropa bagian timur, termasuk warga Ukraina, posisi budaya ini sangat tinggi. Budaya merupakan hal penting dan bahkan utama dalam kehidupan mereka.

“Maka penyelenggaran festival dan pameran untuk mengenalkan Indonesia ke masyarakat umum Ukraina sangat tepat. Pameran wisata, budaya dan termasuk kuliner harus diperbanyak,” tegas Fadli.

Sementara Dubes Yuddy menyampaikan terima-kasih atas kunjungan Delegasi DPR RI ini. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan muhibah dalam rangka peningkatan hubungan bilateral Parlemen Indonesia-Ukraina. Selama kunjungan tersebut, delegasi diagendakan bertemu dengan berbagai pihak termasuk anggota Parlemen Ukraina.

BACA JUGA :  Fadli Zon Dukung Jokowi Jadi Ketum Golkar

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Kyiv, Gatot Amrih Djemirin menyampaikan bahwa di tahun 2018 akan diadakan Festival Indonesia di Kyiv, ibu kota Ukraina yang memadukan kegiatan budaya dan pameran dagang. Selain itu, akan memfasilitasi kerjasama olah raga khususnya di bidang sepak bola.

Serta rencana kerjasama yang sudah dirintis di bidang pendidikan khususnya antara lain Institut Teknologi Bandung dengan Science Tekchnology Center of Ukraine. l red-4 l

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini