telusur.co.id | Serang | Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini menegaskan, bahwa umat Islam memiliki peran besar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Karena sejarah telah mencatat dengan tinta emas bahwa kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran dan kontribusi ulama dan pesantren yang menggerakkan santri dan umat untuk berjuang melawan penjajah,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang di terima di Jakarta, (11/11).

Adanya sekelompok orang yang mengatakan bahwa umat islam merupakan anti Pancasila. Menurut Anggota Komisi I, kelompok tersebut tak mengetahui sejarah bangsa.

“Bagaimana mungkin kita anti-Pancasila dan anti-NKRI sedangkan para pendahulu kita, para ulama dan santri pejuang yang memerdekakan republik ini. Ada Laskar Hisbulloh, Laskar Sabilillah, dan laskar-laskar ulama-santri lainnya,” kata Jazuli penuh semangat dalam orasinya.

Oleh karena itu ia meminta para ulama, santri serta umat Islam menjadi garda terdepan dalam mengawal dan menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA :  Diskusi Empat Pilar MPR

“Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika adalah konsensus yang dirumuskan oleh tokoh bangsa termasuk tokoh umat Islam seperti KH. Wahid Hasyim (NU), Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, Abdul Kahar Muzakir (Muhammadiyah), juga ada Haji Agus Salim,” katanya.

Saat ini, lanjut Jazuli, perkembangan dunia atau globalisasi, telah menggerus nilai-nilai luhur bangsa. Dimana Budaya hidup yang makin liberal, pergaulan bebas, narkoba, kenakalan remaja, hingga ancaman terorisme dan radikalisme. Salah satu perusak.

“Untuk itu silaturahim ini berkomitmen untuk menghadirkan generasi Islam yang _rahmatan lil alamin_ yang jauh dari perilaku dan akhlak yang rusak/tercela serta berkontribusi dalam upaya mencegah radikalisme dan terorisme. Kita yakin, jika ulama dan para santri ini menjadi pemimpin dalam berbagai level, insya Allah bangsa ini akan lebih baik,” pungkas Jazuli.| red- 06 |

BACA JUGA :  Pergantian Panglima TNI, Jazuli Siap Fit And Proper Test Marskal Hadi Tjahjanto

Seperti yang di ketahui ketua Fraksi PKS, Jazuli Juaini menyelenggarakan acara Silaturahim dan Dialog Kebangsaan dengan Alim Ulama dan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kabupaten Serang. Para ulama ini tergabung dalam Forum Silaturahim Pimpinan Pondok Pesantren Kabupaten Serang (FSPP).

Hadir pula dalam acara ini Wakil Bupati Serang yang mewakili Bupati untuk meresmikan acara, Ketua FSPP, KH Endang Daruquthni, Ketua MUI Kabupaten Serang, KH. Rahmat Fathoni, Lc, Ketua NU Kabupaten Serang KH Kholil Sayuti, Ketua LPTQ Dr. HM. Sabri Fayumi, Lc, Ketua IPHI Kabupaten Serang Drs. H. Kasyiful Qurob, M.Si, serta 250 Pimpinan Ponpes dan Ormas Islam se-Kabupaten Serang.| red-06 |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini