telusur.co.id | Jakarta | Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrowi mengatakan, Mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam ditugaskan sebagai Deputi Pengembangan Pemuda, membawahi lima eselon II atau asisten deputi.

“Tantangan pemuda hari ini dan ke depan sangat berat. Ada soal kekerasan, ancaman radikalisme, lemahnya kompetensi, tingginya angka pengangguran, narkoba dan lainnya,”ujar Menpora Imam Nahrawi melalui siaran persnya, di Jakarta, Selasa (14/11).

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), saat ini adalah era pemuda millenial yang memiliki karakter sangat khas. Dimana semua ingin serba cepat, mudah bosan, selalu ingin yang baru dan anti mainstream dan sangat mudah terpengaruh budaya barat.

Sementara itu Staf Khusus Menpora, Zainul Munasichin mengatakan, Niam memiliki tanggungjawab dalam peranannya mengurusi pemuda.

Dirinya yakin, Asrorun Niam akan mampu mengemban tugas yang diberikan kepadanya. Sebab, Selama memimpin KPAI, Niam dinilai sukses. Berdasar pada pengelolaan anggaran yang terbatas sekitar Rp10 milar lebih per tahun, sebutnya, Niam berhasil melakukan mainstreaming perlindungan anak sehingga menjadi isu nasional.

“Dulu saja mengurusi anak bisa jalan, sekarang naik tingkat ngurusi pemuda. Tentu tantangannya lebih kompleks. Tapi, Insya Allah beliau mampu. Beliau juga berlatarbelakang aktivis dan dari pesantren diyakini bisa menjalankan amanah yang diberikan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Niam kepada wartawan, menyampaikan siap menerima tanggungjawab yang diembannya. Mantan Ketua PP IPNU dan berstatus Kyia ini menyatakan dunia kepemudaan bukan hal baru bagi dirinya.

Selain itu, dirinya akan fokus pada peningkatan kapasitas dan kompetensi generasi millenial berbasis Inforamasi Teknologi (IT) yang berkembang pesat ditengah masyarakat dan pemuda saat ini.

“Ada e-commerce yang pegiat juga konsumen terbesarnya adalah pemuda. Ini harus diambil momentumnya. Kemenpora punya program Wirausaha Muda Pemula, saya kira bisa disinkronkan,” papar Niam.

Niam juga bertekad akan memperkuat kapasitas kelembagaan Organisasi Kepemudaan dan Pramuka agar lebih berperan aktif selain kaderisasi juga menyehatkan conten di sosial media agar pemuda tidak terjerumus ke hal negatif.| red-06 |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini