telusur.co.id | Meksiko | Pemerintah Meksiko membangun taman laut di Pasifik, wilayah suaka laut terbesar di Amerika Utara untuk perlindungan ikan pari raksasa, paus dan kura-kura, termasuk puluhan jenis khas daerah tersebut.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto pada Jumat menunjuk kepulauan Revillagigedo, yang terletak sekitar 390 kilometer tenggara semenanjung Baja, California, sebagai taman nasional.

Keempat pulau vulkanik pembentuk kepulauan Revillagigedo dan perairan sekitarnya itu adalah rumah ratusan jenis hewan dan tumbuhan, termasuk ikan pari, paus bungkuk, kura-kura laut, kadal dan burung rantau.

BACA JUGA :  Ribuan Demontran di Meksiko Tuntut Presiden AMLO Lengser

Kepulauan tersebut kadang-kadang dikenal sebagai Galapagos di Amerika Utara, mengacu pada kepulauan Ekuador, yang memiliki banyak jenis khas daerah itu, yang mengilhami ahli hayati Charles Darwin.

Dengan luas 148.000 kilometer persegi, wilayah tersebut menjadi tempat berkembang biak jenis dagangan, seperti, tuna dan sierra, sejenis ikan makarel.

Kini, semua kegiatan penangkapan ikan akan dilarang, juga pembangunan infrastruktur hotel di kepulauan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Angkatan Laut “akan melakukan kegiatan pengawasan, peralatan dan pelatihan yang mencakup pemantauan jarak jauh secara waktu nyata, pendidikan lingkungan diarahkan pada nelayan dan memberi sanksi terhadap pelanggar,” ujar Pena Nieto.

BACA JUGA :  Ratusan Lebih Imigran Asal Amerika Tengah di Meksiko Utara Ditahan

Penciptaan taman laut itu diharapkan membantu memulihkan jumlah ikan, yang turun akibat penangkapan niaga, dan hal tersebut dipuji dana suaka alam dunia WWF serta hartawan Inggris Richard Branson.

| red-11/ANT |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini