Telusur.co.id | Argentina | ARA San Juan menghilang 268 mil dari pantai Atlantik selatan Argentina hampir seminggu yang lalu, tetapai Angkatan laut Argentina terus menganalisis suara bising yang mungkin berasal dari kapal selam yang hilang dengan 44 awak kapal tersebut.

Juru bicara Angkatan Laut Enrique Balbi mengatakan pada hari Senin bahwa suara – suara yang terdengar oleh dua kapal angkatan laut – berasal dari sekitar 225 mil (360km) di lepas pantai dan posisinya sesuai dengan jalur yang akan ditempuh ARA San Juan untuk mencapai tujuan yang direncanakannya.

ARA San Juan menghilang 268 mil dari pantai Atlantik selatan Argentina pada hari Rabu, Inggris, Amerika Serikat, Brasil, Cile dan Uruguay ikut membantu dalam pencarian kapal selam milik Argentina tersebut.

BACA JUGA :  Kapal Ukraina Ditahan, Politikus Eropa Serukan Sanksi Baru Terhadap Rusia

Ada tujuh panggilan satelit yang gagal diterima pada hari Sabtu, kementerian pertahanan Argentina mengatakan, hal tersebut meningkatkan harapan bahwa kru mencoba untuk melakukan kontak, namun kemudian muncul spekulasi bahwa sinyal tersebut tidak berasal dari kapal yang hilang tersebut.

Namun, suara yang dilaporkan pada hari Senin yang digambarkan oleh angkatan laut sebagai “konstan”, meningkatkan harapan bahwa kru tersebut mungkin sengaja mencoba menarik perhatian tim penyelamat terdekat.

Awalnya angkatan laut negara tersebut menduga bahwa kapal selam tersebut, yang meninggalkan kota selatan Ushuaia untuk ke Mar del Plata, lebih dari 1.800 mil jauhnya, telah mengalami masalah komunikasi. Angkatan laut kemudian mengungkapkan bahwa mereka telah melaporkan kerusakan mekanis pada transmisi terakhirnya.

BACA JUGA :  Putus Asa di Tengah Pencarian Kapal Selam Yang Hilang

Kapal tersebut diperkirakan memiliki persediaan makanan untuk beberapa hari, tapi – tidak seperti kapal selam bertenaga nuklir milik Inggris dan AS – ARM San Juan 66m (216 kaki) adalah kapal selam bertenaga listrik diesel, yang berarti memiliki pasokan bahan bakar, makanan dan oksigen yang terbatas.

Presiden Mauricio Macri mengatakan bahwa pemerintah Argentina akan “terus mengerahkan semua sumber daya nasional dan internasional yang tersedia” untuk menemukan kapal selam ARA San Juan.
| red-12/skynews |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini