Telusur.co.id | JAKARTA | Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengatakan pengelolaan cagar budaya dan permuseuman harus menjadi tanggungjawab semua stakeholder terkait.
“Pemerintah pusat, daerah, organisasi masyarakat hingga Perguruan Tinggi. Semua harus mau terlibat dalam pengelolaan pelestarian cagar budaya dan permuseuman,” ujar Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Pamuji Lestari.

Sebelumnya, pengelolaan pelestarian cagar budaya dan permuseuman dipandang belum optimal. Hal ini dikarenakan semua aspek manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian, serta pengawasannya masih berjalan sendiri-sendiri. Karena itu pengelolaan pelestarian cagar budaya dan permuseuman harus didorong lebih maksimal.
“Koordinasi pengelolaan dan pelestariannya harus ditingkatkan secara sistematis, terpadu dan berkesinambungan,” tegasnya.

BACA JUGA :  George Lucas Bangun Museum Dongeng Di Los Angeles

Pamuji menjelaskan pengelolaan cagar budaya sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. pengelolaan Cagar Budaya dilakukan oleh Badan Pengelola yang terdiri dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Dunia Usaha, dan masyarakat termasuk kalangan perguruan tinggi. “Paradigma baru dalam pengelolaan Cagar Budaya di Indonesia adalah menggunakan sistem pengeloilaan yang terencana, terpadu, dan berkelanjutan oleh seluruh pemangku kepentingan,” Pamuji menjelaskan.

Pemerintah dalam hal ini terus berupaya agar cagar budaya yang dimiliki Indonesia bisa terjaga pengelolaan dan pelestariannya.Salah satunya adalah dengan mendaftarkannya sebagai warisan budaya di badan dunia untuk pendidikan dan kebudayaan (UNESCO).
“Dengan begitu akan mendapatkan perhatian badan internasional,” tambah Pamuji.
Dengan status warisan dunia itu, pemerintah juga akan lebih komitmen dengan menjaga, melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya dan alam Indonesia. Upaya pemerintah yang sama telah dilakukan kepada museum dengan adanya program revitalisasi museum. Baik mendaftarkan suatu cagar budaya sebagai warisan budaya dan revitalisasi museum, tentu akan meningkatkan citra Indonesia di mata Internasional. | Red-05 |

BACA JUGA :  George Lucas Bangun Museum Dongeng Di Los Angeles

 

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini