telusur.co.id |Prefektur Tochigi, Jepang| Sebuah speaker terbuat dari labu air di Prefektur Tochigi, utara Tokyo, telah menarik pendengar dengan akustik yang bagus dan penampilan imut yang membuatnya terlihat seperti karakter animasi.

Pembuat sistem audio mobil di Tochigi, yang merupakan produsen terbesar strip labu kering yang digunakan dalam gulungan sushi, mulai mengembangkan speaker bernama “fucucchi” pada tahun 2013 bekerja sama dengan petani setempat, menggunakan tanaman tersebut dikenal sebagai “fukube” dalam bahasa Jepang.

“Labu telah digunakan untuk membuat alat musik di seluruh dunia,” kata Akira Takahashi, 67, presiden Sound Tec Takahashi Denki yang membuat speaker unik di kota Oyama.

“Kami bahkan menginginkan mereka yang tidak tertarik dengan sistem audio untuk merasakan kualitas suara” yang dihasilkan oleh speaker ini, tambahnya. Takahashi datang dengan ide menggunakan labu botol saat ia menyadari potensi produk alami dalam menciptakan suara.

Tumbuh dan dipanen oleh petani yang bermitra dengan Takahashi, labu dikeringkan sekitar dua tahun sebelum daging mereka dikeluarkan. Kemudian dua unit speaker dipasang di labu sedemikian rupa sehingga terlihat seperti mata bulat karakter.

Setelah itu, dua kaki menempel di dasar labu, membuat produk akhir terlihat seperti “yuru-kyara” – maskot populer “loose character” dengan gambar yang santai.

Seekor labu besar dengan kulit tebal membuat suara rendah bisa menempuh jarak jauh. “Ini sangat bagus untuk mendengarkan suara senar,” kata Takahashi.

Harga speaker bervariasi sesuai ukurannya, mulai dari 160.000 yen (Rp 18.922.400) hingga 230.000 yen. Situs belanja online untuk produk ini diluncurkan pada akhir September dengan merek “Blue Star Sounds.” Hanya 300 speaker labu yang terjual setiap tahunnya.

“Kami bisa menggunakan pengetahuan akustik yang telah kami kumpulkan selama bertahun-tahun. Kami akan senang jika kita bisa mempromosikan produk pertanian tanda tangan Tochigi” dengan pembicara ini, kata Takahashi. |red-03/Hamdan/Kyodonews|

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini