telusur.co.id | Istanbul | Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengajak seluruh Negara muslim bersatu padu membela kepentingan Negara Palestina sebagai bangsa yang merdeka. Ajakan Erdogan disampaikan disela-sela KTT di Istanbul,Turki.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Raja Abdullah dari Yordania, presiden Lebanon Michel Aoun, emir Qatar dan Kuwait, dan presiden Iran, Hassan Rouhani, yang meminta semua negara Muslim untuk bersatu untuk membela hak-hak Palestina.

Erdogan berharap bisa menyatukan pemimpin Muslim di belakang sebuah pernyataan akhir yang sulit dari pertemuan tersebut. Erdogan meminta percepatan pengakuan Palestina oleh institusi internasional, dan mengecam langkah AS tersebut sebagai “garis merah” yang tidak sah dan provokatif bagi umat Islam, dan menggambarkan Israel sebagai negara yang menduduki dan “teror”.

BACA JUGA :  Tak Buktikan Ocehannya, Amien Rais Bakal Dilaporkan ke Polisi

Tak mau, Presiden Jokowi juga mengajak semua harus bersatu untuk membela hak Palestina. Kata Jokowi, klaim Trump soal Yerusalem sebagai ibukota Israel harus ditolak. “Pengakuan Presiden Trump tidak dapat diterima dan harus dikecam secara keras,” kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul Turki, Rabu (13/12).

“Isu Palestina harus merekatkan kita kembali. Kita bulatkan suara dan persatuan untuk membela Palestina,” ucap Jokowi. | Asep Subekti |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini