telusur.co.id | Jakarta | Dua nama kader Golkar di DPR RI, yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang kini Ketua Komisi III, dan Azis Syamsuddin Ketua Badan Anggaran (Banggar) dan anggota komisi III, digadang-gadang menjadi calon kuat Ketua DPR pengganti Setya Novanto (Senov) yang kini sudah menjadi terdakwa kasus korupsi e-KTP.

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan kursi Ketua DPR RI, merupakan hak dari partai berlambang pohon beringin. Pasalnya itu tertuang dalam Undang – Undang (UU) MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Pria yang biasa disapa dengan panggilan Ipang, memandang ketua komisi III berpeluang besar menjadi pimpinan DPR, namun ia melihat Ketua Banggar juha tidak bisa diremehkan.

“Cuma kan Azis juga nggak bisa di anggap remeh karena Azis orang Setnov dan juga orang yang Aburizal Bakrie. Istilahnya Azis juga punya orang yang cukup menentukan di Golkar. intinya Azis punya peluang,” jelasnya.kata Ipang, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum’at (15/12).

Tak hanya itu lanjut Ipang, ada lagi satu nama yang tidak boleh diremehkan dan berpeluang menjadi Ketua DPR. Yakni anggota komisi I yang juga Sekretaris Fraksi Golkar di DPR Agus Gumiwang Kartasasmita. Karena ia melihat sosok Agus memilik kedekatan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto.

“Penunjukan Ketua DPR ini kan jadi haknya Airlangga juga. Jadi bisa juga nanti Agus yang jadi Ketua DPR. Ini semua masih bisa terjadi,” pungkasnya. | farouk Iskandar |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini