telusur.co.id l Jakarta l Andi Mappetahang Fatwa atau AM Fatwa adalah seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Provinsi DKI Jakarta. Ketika menjabat, dia aktif memperjuangkan kepentingan rakyat.

Kini, AM Fatwa memperoleh Award Pejuang Anti Kezaliman dari Presiden Mahmoud Ahmadinejad, bersama sembilan tokoh pejuang demokrasi dan kemerdekaan dari sembilan negara telah berpulang ke rahmatullah.

“Innalillahi wa inna ilahi rojiun. Telah meninggal dunia ayahanda AM Fatwa pukul 6.25am di rumah sakit MMC. Mohon dibukakan pintu maaf dan mudah-mudahan ayah mendapat tempat terbaik di sisi Allah swt. Mohon keikhlasannya dan maafnya atas segala dosa dan salahnya,” tulis Dian Islamiati Fatwa, anak dari AM Fatwa.

BACA JUGA :  Kantongi Bukti Yang Lengkap, KPU Siap Meladeni Gugatan Parpol

Saat ini, jenazah AM Fatwa masih disemayamkan di rumah sakit MMC Kuningan. Sedangkan alamat rumah duka Jl. Condet Pejaten, Komplek Bappenas, Pejaten Barat, Pasar Minggu (Belakang Republika).

Sebagai bahan sejarah, AM Fatwa lahir di Bone pada 12 Februari 1939 dari keluarga yang bersahaja, meskipun sebenarnya dia termasuk keturunan keluarga Kerajaan Bone. Ia menjadi ikon perlawanan dan sikap kritis terhadap rezim otoriter Orde Lama dan Orde Baru, sehingga sejak muda sering mendapat teror dan tindak kekerasan dari aparat intel kedua rezim otoriter tersebut, sampai keluar masuk rumah sakit dan penjara.

BACA JUGA :  Khawatir Ibukota Tenggelam, Pemprov Akan Lakukan Ini

Sejak muda AM Fatwa aktif di berbagai organisasi seperti PII, GPII, HMI, dan Muhammadiyah. Ia juga aktif dari awal terbentuknya Keluarga Besar PII sebagai Penasihat dan kini Dewan Kehormatan. Demikian juga di KAHMI pernah jadi Wakil Ketua di awal terbentuknya, kemudian Dewan Penasihat. Belakangan juga ICMI, terakhir sebagai Dewan Kehormatan.

Pada tanggal 14 Agustus 2008, ia dianugerahi tanda kehormatan Bintang Maha Putera Adipradana oleh Presiden RI. Pada HUT ke-30 Revousi Islam Iran, 29 Januari 2009. I Asep Subekti l

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini