telusur.co.id l Jakarta l Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengenai penggunaan alat tangkap cantrang bukan hanya dikeluhkan para nelayan, partai politik juga ikut memprotes kebijakan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang langsung memprotes kebijakan Susi. Paloh pun akan mengirimkan surat permohonan penundaan pemberlakuan peraturan tersebut. Surat dikirimkan langsung kepada Presiden Jokowi.

“NasDem memutuskan segera mengirimkan surat resmi kepada Presiden RI agar kebijakan yang memberatkan kehidupan masyarakat nelayan agar dapat ditunda dulu,” kata Surya saat menerima Paguyuban Nelayan Indonesia di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa 12 Desember 2017.

BACA JUGA :  Pemilu Serentak, 15 Anggota DPR Loncat Ke Nasdem

Dia mengatakan, jika kebijakan Menteri KKP dilanjutkan akan membuat nelayan tambah sengsara karena tidak bisa menangkap ikan. “Kenapa harus ditunda? Karena kita perlu melakukan evaluasi dan kajian yang lebih mendalam,” ucap dia.

Surya menegaskan, NasDem mendukung lahir dan batin segala kebijakan yang dikeluarkan Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Akan tetapi jika ada kebijakan yang dirasa kurang, NasDem akan terdepan meminta dievaluasi dan dikoreksi. Termasuk larangan cantrang.

Ketua DPP Parta NasDem Bidang Pertanian dan Kemaritiman Emmy Hafild menambahkan, pihaknya telah melakukan uji petik atau penelitian penggunaan cantrang. Kegiatan itu berlangsung sejak 22 November-28 November 2017 di Indramayu (Jawa Barat), Tegal, Jepara (Jawa Tengah) dan Lamongan (Jawa Timur).

BACA JUGA :  Yah, Koalisi Rakyat Bali Batal Umumkan Nama Calon, Ini Sebabnya!

Dalam kegiatan ini, pihaknya melibatkan sejumlah ahli dan pihak terkait untuk mencari tahu secara langsung bagaimana cara kerja alat tangkap cantrang tersebut. Emmy menuturkan hasilnya pun segera diserahkan kepada Presiden Jokowi sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan peraturan pelarangan cantrang. I Iskandar l

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini