telusur.co.id | Medan | National Paralympic Committee Sumatera Utara akan melaksanakan tes fisik bagi atlet difabel yang masuk dalam Program Pembinaan Intensif untuk mengetahui tingkat kemajuan yang dicapai selama menjalani latihan. “Rencananya tes fisik akan dilaksanakan di Universitas Negeri Medan pada 14-16 Desember, tes fisik akan disesuaikan dengan karakteristik masing-masing cabang olahraga,” kata Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumut Alan Sastra Ginting di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan, tes fisik tersebut sangat penting dilakukan untuk melihat kebugaran atlet setelah menjalani program latihan dalam Program Pembina Intensif (PPI).

“Tujuan tes fisik ini kan untuk mengukur kebugaran fisik atlet yang saat ini telah hampir setahun menjalani program latihan intensif. Jadi, ini evaluasi bagi mereka, dan pelatih bisa mengetahui puncak kebugaran tiap-tiap atlet,” katanya.

BACA JUGA :  Dedi Wakili Klungkung Dalam Kejuaraan Renang Paralympic

Menurut dia, dari hasil tes fisik tersebut nantinya, seorang pelatih bisa memahami kadar peningkatan fisik masing-masing atlet, untuk bisa diselaraskan pada program latihan berikutnya. “Otomatis dengan hasil tes fisik itu, pelatih bisa membuat program khusus bagi atlet yang mungkin tidak mencapai standar nilai. Dengan ada catatan masing-masing, Pelatih paham dengan batas kemampuan atletnya,” katanya.

Pada tes fisik tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) yang memang selain memiliki tenaga ahli, juga mempunyai perlengkapan cukup baik terkait tes fisik itu.

BACA JUGA :  NPC Sumut Optimis Raih Prestasi Di Kejurnas

Namun, sebelum pelaksanaan tes dimulai, pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh pelatih cabang olahraga, karena tes fisik atlet difabel tentu berbeda dengan atlet normal.

“Tentu tes fisik atlet normal dengan atlet difabel ada perbedaan. Makanya, akan kita panggil seluruh pelatih cabang olahraha untuk berkoordinasi. Apalagi ini adalah tes perdana yang dibuat untuk atlet PPI,” katanya.

| Hamdan/ANT |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini