telusur.co.id | Jakarta | Penggunaan aplikasi layanan lokal kembali menggema, seiring dengan ancaman Front Pembela Islam (FPI) yang berencana memboikot layanan Google, Facebook, dan WhatsApp.

Geevv, RedaksiTimes (RTimes), dan Callind menjadi aplikasi lokal yang diserukan oleh FPI. Layanan-layanan tersebut dinilai FPI layak menggantikan Google, Facebook, dan WhatsApp.

Tim telusur.co.id melakukan penelusuran terkait kelebihan dan kekurangan dari ke tiga aplikasi pada Jum’at (29/12) oleh tim telusur.co.id.

Berikut hasil yang diperoleh:

Geevv, merupakan pesaing Google dan bertujuan memberikan pencerahan positif pada para penggunanya.

“Geevv adalah search engine berbasis sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dunia,” begitu dikutip berdasarkan yang tertulis di platform Geevv, Jum’at (29/12).

Perbedaan Geevv dengan Google, Geevv menyatakan komitmen akan mendonasikan 80% pendapatan iklan untuk program sosial dan 20% untuk meningkatkan kualitas layanan dan situs Geevv.

BACA JUGA :  Jangan Lewatkan..! Ini Pernyataan Penting Habib Rizieq di Tablig Akbar Pagi Ini

Secara tampilannya, Geev terlihat enak dipandang dengan wujud ala-ala startup. Terpajang logo Geevv di tengah-tengah yang masih hadir dalam versi beta. Dibawahnya ada kotak untuk mengetik kata kunci untuk pencarian serta informasi jumlah donasi yang telah terkumpul.

Usai melakukan pencarian, tampilan berubah di mana wujudnya mengingatkan kita akan halaman yang tidak jauh berbeda dengan Google.

RTimes, disebut sebagai sebagai media sosial buah karya anak bangsa yang mengusung open source. Di platform ini dikenakan secara cuma-cuma bagi yang ingin mendaftar sebagai penggunanya.

Seperti media sosial pada umumnya, RTimes juga memungkinkan pengguna dapat berinteraksi satu sama lain sesama ‘warga RTimes’ sampai mengunggah foto dan video.

BACA JUGA :  Habib Rizieq Ucapkan Selamat HUT RI Dan Milad FPI

Meski menampilkan halaman yang serupa Facebook, di mana itu ada kotak untuk update status, secara keseluruhan RTimes hadir lebih sederhana. Namun, tak perlu terkejut apabila ada penghuni baru RTimes, maka terotomatis ada akun lain yang muncul di beranda.

Calling, merupakan aplikasi pesan instan serupa dengan Whats app, BBM Callind yang merupakan singkatan dari Calling Indonesia memiliki fasilitas chat privat, broadcast message, kirim foto, telepon, hingga video call.

Callind yang diklaim sebagai aplikasi chatting buatan asli Indonesia ini rencananya baru akan resmi diluncurkan pada bulan Februari 2018 nanti di Jakarta.| red |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini