telusur.co.id | Surendranagar, India | Puluhan ribu orang India memberikan suara dalam tahap pertama pemilihan majelis di negara bagian Gujarat, India Barat, pada Sabtu, tempat Perdana Menteri Narendra Modi menghadapi ujian elektoral yang paling sengit sejak naik ke tampuk kekuasaan dengan kemenangan mutlak tahun 2014.

Modi sendiri memimpin kampanye untuk menjamin partainya Bharatiya Janata Party (BJP) tetap berkuasa di negara bagian kampung halamannya, sementara kelompok oposisi gabungan menunjukkan tantangan paling besar menjelang pemilihan umum tahun 2019.

Tiga jajak pendapat dilakukan menjelang pemungutan suara pada Sabtu dan pekan depan memprediksi BJP akan meraih kemenangan tetapi mengalami penurunan dalam perolehan suara cukup besar.

BACA JUGA :  Militer India Punya Akses Masuk ke Pelabuhan Sabang

Para pemilih mulai memberikan suara pagi hari dan sejumlah pemilih harus menunggu sekitar 15 menit karena terjadi masalah di mesin pemungutan suara elektronik, menurut sejumlah pejabat pemerintah.

Dalam beberapa jam pertama, lebih 15 persen dari para pemilih di distrik Surendranagar menggunakan hak suara mereka, demikian para pejabat pemerintah.

Sebuah jajak pendapat ABP-CDS pekan ini memprediksi BJP merebut 91-99 kursi di mejelis yang beranggota 182 dan Kongres sebagai oposisi utama meraih 78-86 kursi. Untuk meraih kemenangan sebuah partai memerlukan 92 kursi.

BACA JUGA :  Batalkan Sepihak, PM Pakistan Kesal Tuding India Arogan

Kendati demikian survei-survei sering salah. Modi sendiri masih jauh lebih populer di seantero negeri daripada para lawannya, termasuk Rahul Gandhi yang memimpin Kongres yang berusaha melemahkan Modi di kampung halamannya.

Suara-suara dari pemilihan itu akan dihitung pada 18 Desember dan hasil-hasilnya akan dumumkan pada hari yang sama.

Dalam tahap pertama pemilihan majelis pada Sabtu, 977 calon berusaha peruntungan mereka di 89 konstituen yang tersebar di 19 distrik di Gujarat, menurut Komisi Pemilihan. Lebih 21 juta orang akan memberikan suara pada tahap pertama pemilihan Sabtu.

| Hamdan/ANT |

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini