telusur.co.id, Los Angeles – “The Shape of Water”, nominator untuk kategori film terbaik Oscar tahun ini, tertimpa tuntutan plagiarisme pada hari Rabu, dan mendapat tuduhan bahwa film berplot fantasi percintaan wanita petugas kebersihan dan makhluk misterius tersebut menjiplak langsung drama panggung AS.

Tuntutan hukum tersebut diajukan ke pengadilan federal Los Angeles, yang menuduh sutradara Guillermo del Toro, produser Daniel Kraus dan studio film Fox Searchlight menyalin cerita, elemen, karakter dan tema dari drama panggung pada 1969 buatan mendiang Paul Zindel.

“The Shape of Water” memimpin dengan perolehan 13 nominasi Oscar pada upacara Academy Awards yang diadakan pada tanggal 4 Maret, termasuk nominasi untuk film terbaik dan sutradara terbaik.

Gugatan tersebut diajukan sehari setelah surat suara dikirim ke sekitar 8.000 anggota Akademi Seni dan Pengetahuan Perfilman, yang memberikan suara pada pemenang Oscar.

Tuntutan hukum yang diajukan oleh putra Zindel, David, mencantumkan lebih dari 60 kemiripan antara drama panggung “Let Me Hear You Whisper,” dan “The Shape of Water.” Kemiripan tersebut meliputi kisah dasar pada drama dan film tentang petugas kebersihan yang kesepian, bekerja di laboratorium ilmiah selama Perang Dingin, membentuk ikatan cinta dengan makhluk air yang dikurung dan berencana membebaskannya.

Dalam drama panggung Zindel, makhluk tersebut merupakan seekor lumba-lumba. Di dalam film, makhluk tersebut merupakan makhluk setengah manusia, setengah makhluk yang berhabitat di sungai.

Gugatan tersebut mengatakan bahwa meskipun terdapat kesamaan mencolok antara drama panggung dan film yang jelas-jelas merupakan karya turunan dari aslinya, tergugat tidak pernah berusaha mencari atau mendapatkan lisensi lazim atas hak cipta drama panggung Zindel, juga tidak memberikan kredit padanya.

Fox Searchlight membantah klaim tersebut tidak berdasar dan sepenuhnya tidak ada manfaatnya.

Studio tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tuntutan hukum tersebut sepertinya dilakukan bertepatan dengan siklus pemberian suara ‘Academy Award’ untuk menekan studio tersebut agar segera menyelesaikannya.

Sebaliknya, mereka akan dengan penuh semangat membela diri dan, memperluas film yang menurut mereka orisinal dan inovatif tersebut.

Gugatan tersebut mengutip wawancara Kraus dan del Toro, di mana mereka mengatakan bahwa Kraus, seorang novelis Amerika, muncul dengan alur cerita tentang seorang petugas kebersihan yang menculik seorang amfibi.

Gugatan tersebut menuduh bahwa Kraus mengetahui Zindel dan drama panggungnya, yang diproduksi untuk televisi pada 1969 dan diproduksi lagi pada 1990.

Zindel yang berbasis di New York, memenangi Hadiah Pulitzer untuk dramanya pada 1964 “The Effect of Gamma Rays on Man-in-the-Moon Marigolds,” dan meninggal pada 2003.

“The Shape of Water” telah memenangi penghargaan “Golden Globe” untuk film terbaik dan sejumlah penghargaan akting serta penghargaan produksi film dari kelompok kritik film di Amerika Serikat dan tempat lainnya. (der/reuters)

Bagikan Ini :