Kantor Komisi Pemilihan Umum RI (KPU RI) di Jakarta/telusur.co.id

telusur.co.id – Komisi Pemilihan Umum Banten menyatakan 12 partai politik lolos verifikasi faktual di tingkat kepengurusan Provinsi Banten.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna di Serang, Senin mengatakan, ke-12 parpol tersebut antara lain adalah Partai Golkar, PKB, PBB, PDI Perjuangan, Hanura, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PAN, PPP, PKS dan PKPI.

Menurut Agus, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 mengamanatkan pengurus parpol pada tingkat provinsi harus lolos 100 persen dalam verifikasi faktual.

“Untuk tingkat kabupaten/kota nilai kelulusan untuk verifikasi faktual hanya 75 persen,” kata Agus.

Agus mengatakan, dalam verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU Banten menerapkan tiga kriteria, yaitu veririkasi faktual terhadap ketua, sekretaris dan bendahara. Kemudian verifikasi faktual sekretariat dan terakhir adalah verifikasi faktual 30 persen keterwakilan perempuan.

BACA JUGA :  Tim Tb Hasanuddin-Anton Charliyan Laporkan Kampanye Hitam ke Bawaslu

“Ke 12 parpol sudah memenuhi ketiga kriteria verifikasi faktual tersebut. Sehingga ke 12 parpol dinyatakan lolos verifikasi faktual di tingkat provinsi. Termasuk tiga parpol yang sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat, dinyatakan lolos verifikasi karena memenuhi rekomendasi Bawaslu Banten,” kata Agus.

Menurut Agus, verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota pun harus menjadi perhatian serius parpol, karena jika tidak terpenuhi 75 persen maka parpol tersebut tidak lolos di tingkat kabupaten/kota. Jika tidak lolos maka tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu.

“Verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota 75 persen Artinya parpol harus lolos di enam kabupaten/kota. Jika tidak lolos maka tidak memenuhi syarat di tingkat kabupaten/kota dan berpotensi tidak lolos di tingkat provinsi dan nasional,” kata Agus.

BACA JUGA :  Mau Umumkan Presiden Dan Wapres Terpilih, Jalan Depan KPU Ditutup

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Banten, Nuryati Solapari mengatakan, terkait ketiga parpol yang sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat, yaitu Golkar, PKB dan PBB, dinyatakan sudah lolos karena ketiganya sudah memenuhi rekomendasi Bawaslu.

“Bawaslu Banten sudah melakukan pengawasan terhadap perbaikan ketiga parpol, dan ketiganya sudah memenuhi rekomendasi Bawaslu dan dinyatakan lolos verifikasi faktual,” kata Nuryati.

Sekjen DPD Partai Golkar Banten Bahrul Ulum mengaku optimistis partai Golkar akan lolos verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota. Pihaknya akan melakukan monitoring terhadap proses verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota. ( ant )

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini