telusur.co.id, Argentina – Hadiah sekitar 4 juta dollar ditawarkan kepada siapa saja yang dapat menemukan kapal selam Argentina yang hilang tiga bulan yang lalu.

Presiden Argentina Mauricio Macri membuat pengumuman tersebut ke kerabat 44 awak ARA San Juan di kediaman resminya pada hari Selasa.

Menteri Pertahanan Oscar Aguad kemudian mengatakan bahwa hadiahnya bisa sekitar 4 juta dollar, namun angka pastinya akan diumumkan akhir pekan ini.

Anggota keluarga mendorong Macri untuk memperluas wilayah pencarian dan perusahaan swasta diizinkan untuk mencari kapal angkatan laut tersebut.

Kapal selam diesel TR-1700 menghilang pada 15 November saat berlayar “dalam latihan rutin” di lepas pantai timur Argentina.

Sejauh ini, 13 negara telah terlibat dalam pencarian, namun sia-sia.

Ada harapan pada malam Natal ketika sebuah pencarian sonar oleh kapal selam Rusia Panther Plus yang dioperasikan dari jarak jauh mendeteksi sebuah kontak baru di Atlantik Selatan.

Namun, tidak ada hasil dari itu.

Pada akhir November, keluarga diberitahu bahwa angkatan laut telah hilang harapan untuk menemukan awak kapal hidup-hidup setelah pesan terakhir kapal selam tersebut melaporkan bahwa air laut telah memasuki sistem ventilasi, menyebabkan baterai mengalami hubungan arus pendek dan menyalakan api.

Pejabat juga mengatakan bahwa suara yang tidak biasa terdeteksi di laut dekat posisi terakhir kapal selam yang diketahui tiga jam setelah melakukan kontak terakhir.

Mereka mengatakan bahwa suara itu “konsisten seperti sebuah ledakan”.

sebelumnya Kontak yang terdeteksi adalah alarm palsu, yang berasal dari kapal nelayan yang tenggelam.

Hilangnya San Juan menyebabkan kepala angkatan laut Argentina, Laksamana Marcelo Srur, dipecat pada awal Desember.

Inggris telah terlibat dalam pencarian tersebut, dengan RAF mendaratkan pesawat di tanah Argentina untuk pertama kalinya sejak Perang Falklands.(der/sky)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini