Foto : Tuanku Guru Bajang Saat Memberikan Tausiyah / net

telusur.co.id – Potensi pemilih dari kalangan islam cukup besar untuk mendongkrak suara dalam Pilpres mendatang. Berdasarkan hasil survey terbaru dari Lingkaran Survey Indonesia (LSI) ada dua nama dari kalangan santri yang berpeluang menjadi Cawapres.

Bukan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, tetapi dua kandidat kuat Cawapres dari kalangan santri adalah TGH M. Zainul Majdi  alias TGB dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Kesimpulan itu terlihat dari survei yang dilakukan LSI pada priode 7-14 Januari 2018 dengan 1.200 responden dan metode wawancara adalah tatap muka dan menggunakan kuesioner.

BACA JUGA :  Soal Becak, Yang Janji Jokowi Yang Tunaikan Malah Anies

Peneliti LSI Adjie Alfaraby menyebut dua nama itu adalah Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan. “Ada dua orang Cawapres terkuat berlatar belakang Islam, yaitu Muhaimin Iskandar dan TGB alias M. Zainul Majdi,” ucapnya di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Jumat (02/02/18).

Menurutnya, dari survei yang ia lakukan, nama ketua Umum PKB Cak Imin yang memiliki tingkat pengenalan paling tinggi diantara tokoh berlatar islam. Cak Imin, disebutnya memiliki popularitas sebesar 32.4 persen. Sementara gubernur Nusa Tenggara Barat dua periode, TGB memiliki popularitas sebesar 13.9 persen.

BACA JUGA :  Diisukan Gabung ke PBB, PPP Khittah: Itu Tidak Benar

Tingginya, tingkat popularitas Cak Imin, karena bekas menteri Menakertrans itu sudah mulai aktif melakukan sosialisasi sebagai cawapres jauh-jauh hari. “Meskipun masih rendah popularitasnya, TGB dipresepsikan sebagai gubernur muslim yang taat dan berhasil membangun daerahnya di NTB,” ungkap Adjie lebih lanjut. ( red )

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini