Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menerjunkan tim.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Badan Geologi ESDM, Rudy Suhendar, di Bandung, Jabar, Selasa (6/2/18).

“Kita mengirim tim ke sana untuk melihat indikasi-indikasi daerah setempat apa akan ada longsor lagi atau tidak,” kata Rudy.

Menurutnya, pemetaan penting dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar kejadian longsor susulan dapat terdeteksi lebih awal.

Hasil pemetaan ini diperkirakan akan selesai dalam dua sampai tiga hari. Jika telah selesai maka hasilnya akan disampaikan ke pemerintah kedaerahan untuk kemudian diambil langkah-langkah yang bisa dilakukan.

BACA JUGA :  Basarnas Temukan Korban Longsor di Bandung Barat

“Makanya kita turunkan tim, melakukan pemetaan di sekitar lokasi terjadinya longsor. Ini untuk melihat kemungkinan atau ancaman terjadinya longsor kembali,” kata dia.

Selain itu, tim dari Geologi juga akan melakukan mitigasi bencana dengan menyebarkan brosur ke masyarakat di daerah mengenai tanda-tanda pergerakan tanah. Dengan begitu, kata dia, jika masyarakat telah teredukasi mengenai tanda-tanda akan terjadinya pergerakan tanah, mereka bisa langsung mengevakuasi diri dan langsung melaporkan ke pemerintah setempat.

“Bila sudah ditemukan indikator seperti adanya rekahan tanah, kita meminta masyarakat untuk melaporkan. Kita menerapkan sosialisasi di daerah merah atau rawan bencana,” kata dia.

BACA JUGA :  Tiga Korban Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor

Menurut dia, kawasan Puncak Bogor masuk ke dalam daerah rawan bencana longsor dengan tingkat menengah sampai tinggi. Beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor masuk dalam zona merah atau rentan terjadi longsor apanila diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Setiap tempat berbeda tergantung lapukan sifat batuannya. Untuk Puncak memang masuk kedalam rawan bencana longsor menengah sampai tinggi,” katanya. [ant]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini