telusur.co.id – Parade tahunan, menandai berdirinya tantara Rakyat Korea Utara, biasanya diadakan pada bulan April namun untuk tahun dipindahkan ke 8 Februari tahun ini.

Menjelang parade, Korean Central Television menampilkan arsip video para pemimpin sebelumnya, bentang alam dan film propaganda setempat.

Tidak jelas jam berapa parade akan dimulai.

Korea Utara sebelumnya menolak kritik terhadap rencananya untuk mengadakan parade sehari sebelum Olimpiade, dan mengatakan tidak ada orang yang berhak mencampuri urusan Korea utara.

“Ini adalah hal mendasar bahwa negara manapun di dunia menganggap hari lahir tentaranya adalah hal yang sangat penting dan harus di rayakan,” dalam surat kabar Partai Buruh yang berkuasa, Rodong Sinmun.

BACA JUGA :  Pertemuan Korut-Korsel Dinilai Bawa Pesan Perdamaian

AS mengatakan akan lebih memilih parade tersebut tidak berlangsung sekarang karena fokus di Olimpiade.

Pada hari Kamis, Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki niat untuk bertemu dengan pejabat AS selama Olimpiade, menurut kantor berita resmi KCNA Korea Utara.

Para ahli mengatakan Korea Utara diperkirakan akan menampilkan rudal jarak jauh.

“Apa yang harus kita awasi selama parade ini adalah showcase kendaraan rudal Korea Utara, berapa banyak dari mereka yang ada, dan jika mereka membawa desain rudal baru,” kata David Schmerler, seorang analis Korea Utara di James Martin Center untuk Studi Nonproliferasi.

BACA JUGA :  Korut Ajak Seluruh Orang Untuk Menyerukan Persatuan Korea

“Namun, kita juga perlu mengingat bahwa hanya karena mereka menunjukkan sesuatu tidak berarti mereka menguasainya. Di masa lalu, Korea Utara telah memamerkan rudal yang bahkan tidak pernah diproduksinya selama ini.”

“Pada tahun 2012, Pyongyang memamerkan Hwasong-13, yang tidak pernah diuji dan sejauh yang kita tahu, rencana tersebut telah ditinggalkan.”

Perayaan tahun ini akan memperingati 70 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea, yang didirikan pada tanggal 8 Februari 1948. Pyongyang sebelumnya mengadakan perayaan militer utamanya pada tanggal 25 April. (der/bbc)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini