telusur.co.id, Jakarta –┬áPanitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan melibatkan lebih dari 30 ribu personel di empat kepolisian daerah dalam penyelenggaraan pertandingan utama Asian Games pada Agustus 2018.

“Jumlah personel yang akan diturunkan selalu sesuai dengan kebutuhan pengamanan mencakup pengamanan arena pertandingan dan arena non-pertandingan seperti wisma atlet dan hotel,” kata Perwakilan Deputi IV INASGOC Kombes Pol Unggul Sedyantoro di Jakarta, Selasa.

Empat kepolisan daerah yang akan dilibatkan dalam pengamanan penyelenggaraan Asian Games pada Agustus yaitu Polda Metro Jaya, Polda Sumatera Selatan, Polda Jawa Barat, dan Polda Banten.

BACA JUGA :  Indonesia Resmi Ajukan Diri Tuan Rumah Olimpiade 2032

Selain personel kepolisian INASGOC juga bekerjasama dengan Markas Besar TNI terkait pengamanan Asian Games terutama Korps Wanita TNI Angkatan Darat, Korps Wanita TNI Angkatan Laut, dan Korps Wanita TNI Angkatan Udara.

“Kami membutuhkan personel wanita untuk bertugas membantu Departemen Arrival terkait pengamanan tamu-tamu VIP Asian Games. Personel wanita baik dari Polri maupun TNI telah terlatih untuk memandu para tamu penting sehingga akan lebih mudah menyesuaikan diri,” tutur pria yang bertugas di Korps Lalu-Lintas Mabes Polri itu.

Unggul mengatakan perhatian utama INASGOC dalam pengamanan pertandingan dan lalu-lintas terutama pada cabang sepak bola yang berada di Bekasi, Bogor, dan Bandung.

BACA JUGA :  Nggak Perlu Repot, Tiket Pertandingan Asian Games Dijual Online

“Kami berharap para atlet sepak bola dapat tinggal di sekitar arena pertandingan karena jalan dari Wisma Atlet Kemayoran menuju stadion sepak bola banyak perbaikan,” ujarnya.

Unggul menambahkan pengamanan jalan di sekitar Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, dilakukan dengan sterilisasi lajur kiri di seputar GBK. “Titik macet yang harus kami antisipasi adalah di depan FX dan depan Hotel Sultan,” katanya. (der/ant)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini