telusur.co.id – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengungkapkan jika dokumen yang diajukan oleh Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonensia (PKPI) belum lengkap.

Untuk itu, Bawaslu memberikan waktu sampai Rabu (hari ini) untuk penyerahan perbaikan dokumen syarat gugatan dari PBB dan PKPI terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 18 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan Umum pada pasal 12 huruf 2 menyatakan permohonan disampaikan paling lama tiga hari kerja sejak tanggal penetapan keputusan KPU, KPU provinsi, dan KPU kabupaten-kota.

BACA JUGA :  Bamsoet Desak Bawaslu Pelototi Akun Pembuat Hoak

“Jadi, batas waktu melengkapi pendaftaran gugatan sampai dengan hari Rabu,” kata Bagja di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, Sabtu (17/2), KPU telah mengumumkan penetapan 14 partai politik peserta Pemilu 2019.

Dua partai dianggap KPU tidak memenuhi syarat ketika dilakukan verifikasi faktual, yakni Partai Bulan Bintang dan Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia.

PBB mendaftarkan gugatannya ke Bawaslu pada Senin (19/2) dan PKPI pada Selasa (20/2), namun berkas yang disampaikan pada saat pendaftaran belum lengkap. Sehingga, keduanya baru mendapatkan tanda terima pendaftaran dan gugatannya belum teregistrasi di Bawaslu. ( red )

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini