telusur.co.id, Korea – Tim pemandu sorak Korea Utara tidak diduga tampil pada pertandingan hoki es Korea Selatan melawan Republik Ceko pada hari Kamis.

Ini adalah kehadiran pertama mereka di sebuah acara Olimpiade di Pyeongchang yang tidak menampilkan atlet Korea Utara.

Sedikitnya 150 pemandu sorak dengan pakaian putih, merah dan biru mengisi tempat duduk penonton di gedung Pusat Hoki Gangneung.

Atlet Korea Selatan dan Korea Utara ikut serta dalam olimpiade musim dingin tahun ini dengan bendera yang sama pada upacara pembukaan pekan lalu.

Tim hoki es Korea yang bersatu bertanding dalam Olimpiade di Korea Selatan, menampilkan beberapa pemain dari Korea Utara dan mendapat dukungan dari pemandu sorak Korea Utara.

BACA JUGA :  Korsel Akan Tawarkan Kesepakatan Damai dengan Korut

Namun, ini adalah penampilan perdana cheerleader Korea Utara untuk mendukung tim pria, yang hanya mencakup pemain Korea Selatan saja.

Sementara itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan telah memberikan sekitar $ 50.000 atau sekitar 700 jutaan  untuk membayar pelatihan dan persiapan 22 atlet Olimpiade Korea Utara.

Itu adalah sebagian kecil dari uang yang dikeluarkan untuk sisa delegasi Olimpiade nasional, yang mencakup 229 cheerleader dan 137 orkestra.

Korea Selatan memenuhi biaya sekitar $2.6m untuk menjadi tuan rumah bagi 418 delegasi Korea Utara.

Sementara para atlet tinggal di area khusus untuk atlet Olimpiade, sebagian besar delegasi Korea Utara menginap di hotel kelas atas.

BACA JUGA :  Korea Utara dan Korea Selatan Resmi Berada di Bawah Satu Bendera

Ketika orkestra dan tim pertunjukan taekwondo Korea Utara tampil di Seoul selama Olimpiade, mereka menginap di Grand Walkerhill Hotel bintang lima, yang telah menjadi tuan rumah selebritis Michael Jackson dan Paris Hilton.

IOC mengatakan kontribusi berasal dari dana Solidaritas Olimpiade, dan bekerjasama dengan federasi skating internasional, ski dan es hoki. (der/bbc)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini