foto|net

telusur.co.id, – Perusahaan operator satelit dunia asal London, Avanti Communications menggugat Indonesia karena menunggak pembayaran peminjaman satelit yang telah disepakati.

Hal tersebut diungkap oleh Anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo, dia menjelaskan bahwa Indonesia sedang menghadapi gugatan tersebut sekarang.

“Awalnya kita ingin memanfaatkan orbit satelit yang ada persis di atas Indonesia ini agar tidak dimanfaatkan oleh negara lain. Namun dalam prosesnya ternyata banyak menemui hambatan sehingga kita digugat oleh Avanti. Semua ini terkait masalah pembayaran sewa,” ujarnya saat ditemui usai Rapat Kerja dengan Menteri Pertahanan dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rabu (11/4/2018).

Lanjutnya, pemerintrah wajib untuk mengisi slot tersebut karena tepat berapa di atas Indonesia. Jika tidak, hal tersebut akan sangat merugikan Indonesia baik secara bisnis bahkan sampai keamanan data juga akan terancam.

Tuntutan ini kabarnya telah masuk ke Arbitrase Internasional. Kementerian Pertahanan dikabarkan harus melayani gugatan ini, supaya kerugian tidak bertambah karena biaya akan makin membengkak, belum lagi ada tuntutan tambahan dari perusahaan Hungaria.

Roy mengingatkan, harus ada kerja sama dari seluruh pihak agar masalah ini cepat terselesaikan. Untuk itu, Roy mengatakan Komisi I akan membentuk panitia kerja dengan kementerian terkait, dalam rangka pemanfaatan orbit satelit di atas Indonesia. (der)

Bagikan Ini :