Agus Harimurti Yudhoyono/Net

telusur.co.id – Elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang digadang-gadang ikut kontestasi Pilpres 2019 terus melorot. Penyebabnya, karena Partai Demokrat belum menentukan koalisi.

Demikian disampaikan Direktur Riset Lembaga Survei Median, Sudarto dalam pemaparan hasil survei-nya, di Kawasan Cikini, Jakarta, Senin (16/4/18).

Disampaikan, sikap-sikap abu-abu partai berlambang mercy itu dalam mendorong putra mahkota Susilo Bambang Yudoyono (SBY), juga sebagai penyebab konstituennya emoh memilih AHY.

“Kalau AHY kan Demokrat masih timang-timang mau ke Jokowi atau Prabowo, sehingga masyarakat konstiuen masih pikir ulang,” kata Sudarto.

Dia menjelaskan, elektabilitas AHY sebagai kandidat cawapres menurun dari 3,3 persen di bulan Februari, menjadi 1,8 persen pada April 2018. Selain itu, usaha dari AHY yang kurang maksimal juga menjadi faktor konstituennya tak menentukan sikap.

Sudarto melanjutkan, elektabilitas AHY bila dipasangkan dengan Presiden Joko Widodo hanya sekitar 52, 8 persen. Dan, sangat berbeda dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang 100 persen didukung konstituen, jika menjadi cawapres Jokowi.

“Figur Cak Imin ini memang dia 100 persen ada dikubunya Jokowi. Kemudian upaya dia untuk memperkenalkan diri sebagai capares Jokowi juga tinggi dengan baliho dan macem – macem berbeda dengan AHY,” pungkasnya. [ipk]

Bagikan Ini :