Airlangga Hartarto/telusur

telusur.co.id – Revolusi industri 4.0 akan berdampak positif, yakni membuka lapangan kerja sangat besar bagi pekerja Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto dalam diskusi di Kawasan Medan Merdeka Barat, Komplek Kemenkominfo, Jakarta, Senin (16/4/18).

- Advertisement -

Menurutnya, dunia usaha yang bergelut di industri tak perlu khawatir, apalagi menduga revolusi 4.0 ini akan mematikan usaha mereka, akibat persaingan dengan pihak asing.

“Estimasi tenaga kerja akan bertambah 10 juta. Dan ini akan memberi dampak positif bagi ekonomi Indonesia dan tak perlu khawatir,” kata Ketum Partai Golkar itu.

Selain mendorong pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik bahkan memacu ekonomi tumbuh satu hingga dua persen, Airlangga meyakini dengan peta jalan Making Indonesia 4.0 akan bisa menaikan tingkat produktivitas dalam negeri.

Dirinya mengatakan, revolusi 4.0, atau digital ecomonomy, pemerintah menargetkan Indonesia masuk menjadi 10 negara tebesar pada 2030 mendatang.

“Kontribusi industri manufaktur juga bisa meningkat menjadi 25 persen terhadap ekonomi ketika revolusi itu sudah berjalan maksimal dan 2030 Indonesia masuk 10 negara besar,” tuntas dia. [ipk]

Laporan: Tio Pirnando

Bagikan Ini :