Aplikasi WhatsApp/telusur

telusur.co.id – Siapa saja yang berusia di bawah 16 tahun, dilarang menggunakan aplikasi messenger WhatsApp. Namun jangan khawatir, larangan itu bukan untuk diterapkan di Indonesia, melaikan di Eropa.

Aplikasi ini menaikkan usia minimum penggunanya dari 13 hingga 16 tahun, menyusul aturan data privasi Eropa yang mulai diberlakukan 25 Mei mendatang.

Seperti dilansir dari independent.co.uk, Rabu malam (25/4/18), selain membuat perubahan baru berupa peningkatan batas usia, kebijakan baru ini juga termasuk memungkinkan pengguna mengunduh salinan data mereka dari WhatsApp. Data ini nantinya berisi kontak mereka dan nomor siapapun yang telah diblokir.

WhatsApp yang sudah dimiliki Facebook ini, nantinya akan terpisah datanya. Untuk Facebook, ada perlakuan berbeda, kalau di WA batas minimum 13-16 tahun, FB mengambil 13-15 tahun. Merekapun diminta mematuhi undang-undang Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR).

Mereka, harus mendapatkan izin orang tua jika ingin berbagi informasi pribadi di platform. Jika tidak memperoleh izin, mereka akan melihat versi yang lebih umum dari Facebook yang tidak disesuaikan berdasarkan data mereka. [ipk]

Bagikan Ini :