foto|bs

telusur.co.id¬†–¬†Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, melakukan pengawasan proses pencocokan dan penelitian data pemilih oleh panitia pemutakhiran pemilih (Pantarlih) guna memastikan semua warga negara berpatisipasi pada pemilu 2019.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu setempat, Canang Baguis Prahara Umpu di Painan, Sabtu, menjelaskan hal tersebut telah diwanti-wanti ke petugas Panwaslu tingkat nagari (desa adat) agar maksimal dalam mengawasi proses pencocokan dan penelitian data yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih.

“Kegiatan pengawasan tidak hanya sekadar hadir serta mendampingi, namun harus fokus ke proses pencocokan dan penelitian data pemilih,” katanya.

BACA JUGA :  Gatot Diusung PBB..? Yusril Tegaskan Segala Kemungkinan Terbuka

Data yang ditangani oleh petugas pemutakhiran data pemilih dan petugas Panwaslu adalah data awal yang digunakan sebagai landasan dalam proses pencocokan dan penelitian.

Lanjutnya, data tersebut bisa saja berkurang atau bahkan bertambah tergantung situasi di lapangan.

Berkurangnya data pemilih bisa disebabkan karena adanya daftar pemilih pada data model A-KPU yang meninggal dunia, data ganda, atau tidak memenuhi syarat masuk ke dalam daftar pemilih. Sementara jika bertambah bisa disebabkan karena adanya pemilih baru atau pemula yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar di dalam data model A-KPU.

BACA JUGA :  PBNU: Jangan Respon Hasil Quick Count Secara Berlebihan

Dalam pengawasannya petugas Panwaslu menggunakan dua metode yaitu pengawasan melekat dan metode audit sampling dengan cara memilih tiga buah rumah per satu tempat pemungutan suara dan tiga tempat pemungutan suara di setiap nagari. Sementara itu, Divisi Sosialisasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Riswandy mengemukakan kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih dilaksanakan oleh 1.428 petugas pemutakhiran data pemilih.

“Pencocokan dan penelitian data pemilih dilakukan dari 17 April hingga 16 Mei 2018,” ujarnya. (der)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini