telusur.co.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui komitmennya dalam mendukung kemandirian masyarakat dan melestarikan lingkungannya, kembali menunjukkan eksistensinya dalam menerima penghargaan dari bidang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Kali ini, Jasa Marga meraih satu penghargaan dari Apresiasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan 2018, di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Senin (30/04).

Penghargaan yang digelar oleh Warta Ekonomi ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada BUMN yang selalu konsisten dan berhasil dalam melaksanakan kegiatan PKBL-nya. Penghargaan Apresiasi PKBL 2018 yang diberikan kepada Jasa Marga adalah sebagai _Best Partnership Program and Community Development in Transportation and Warehousing Category._

Jasa Marga berhasil unggul melalui riset dan penilaian yang dilakukan oleh Warta Ekonomi berdasarkan tiga indikator Triple Bottom Line, antara lain:

*1. Indikator _Profit_*
Parameter yang digunakan dalam indikator profit adalah laba bersih masing-masing BUMN, dimana laba bersih ini juga menjadi penentu besarnya alokasi dana BUMN untuk kegiatan PKBL Perseroan.

*2. Indikator _People_*
Dalam indikator ini, BUMN dinilai memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam melakukan Program Kemitraan (PK).

*3. Indikator _Planet_*
Kegiatan ini diaplikasikan BUMN melalui Program Bina Lingkungan (BL). Segala bentuk bantuan yang bersifat keberlanjutan seperti pelestarian alam dan bantuan berupa pendidikan dan sarana prasana menjadi penilaian besar.

Dari masing-masing indikator tersebut, berikutnya akan memiliki sub indikator yang akan menjadi penilaian masing-masing BUMN. Selain itu _rating_ PKBL BUMN dilihat melalui total _score_ kegiatan masing-masing BUMN pada tahun 2016-2017.

Penghargaan yang diraih oleh Jasa Marga dari malam penganugerahan Apresiasi PKBL 2018 ini sekaligus menambah deretan penghargaan yang diraih oleh Jasa Marga sepanjang tahun 2017-2018, khususnya dalam bidang PKBL.

General Manager Community Development Program (CDP) Jasa Marga Prihandayani mengatakan bahwa dipercayakannya sejumlah penghargaan dalam bidang PKBL tersebut kepada Jasa Marga, adalah refleksi dari komitmen Jasa Marga untuk membina masyarakat mandiri dan menjaga lingkungan.

“Dengan diterimanya beberapa penghargaan ini, membuat Jasa Masa, khususnya Unit CDP menjadi lebih giat lagi untuk berkontribusi dalam program-program yang berhubungan dengan masyarakat dan pelestarian alam. Melalui penghargaan ini pula, Jasa Marga kembali menunjukkan komitmennya dalam membina masyarakat dan lingkungan,” ujar Prihandayani.

Termutakhir pada akhir April lalu, Jasa Marga juga meraih tiga kategori sekaligus dalam Indonesia Green Awards 2018 (IGA 2018) yaitu Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, Memelopori Pencegahan Polusi, dan Mengembangkan Pengelolaan Sampah Terpadu. [Red]

Bagikan Ini :