Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Cukup banyaknya pemilih pemula yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) membuat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kembali mengingatkan para pemilih pemula agar menggunakan ha suaranya pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Tengah 2018.

“Pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya dan tidak golput,” kata Komisioner KPU Banjarnegara, Khuswatun Khasanah di Banjarnegara, Selasa.

Ia mengatakan, KPU Banjarnegara telah melaksanakan sosialisasi mengenai tahapan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 kepada masyarakat di wilayah tersebut.

“Sosialisasi sudah mulai dilakukan kepada masyarakat di wilayah setempat, termasuk kepada pemilih pemula, tujuannya untuk mengurangi angka golput,” katanya.

Dia menambahkan KPU Banjarnegara menargetkan tingkat partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 mencapai 77,5 persen.

“Target KPU Banjarnegara mengikuti target nasional yaitu sekitar 77,5 persen,” katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan terus menyosialisasikan mengenai pentingnya menggunakan hak pilih bagi para pelajar di sekolah-sekolah yang ada di Banjarnegara.

“Sosialisasi bertujuan agar masyarakat mengetahui adanya gelaran pesta demokrasi pemilihan gubernur dan mengenai pentingnya menggunakan hak suara,” katanya.

Dia menambahkan KPU Banjarnegara juga telah meluncurkan Rumah Pintar Pemilu Gilar-Gilar sebagai salah satu bentuk sosialisasi.

“Di rumah pintar disediakan sarana fasilitas untuk pendidikan pemilih, baik bentuk visual maupun audiovisual, juga ruang diskusi yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan pendidikan pemilih,” katanya.

Seluruh masyarakat Banjarnegara, termasuk para pemilih pemula, kata dia, bebas untuk datang ke rumah pintar tersebut. (der)

Bagikan Ini :