Massa Buruh/telusur

telusur.co.id – Massa buruh dari berbagai serikat pekerja yang ada di berbagai daerah, sudah berkumpul di Kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/18).

Pantauan telusur.co.id, massa sudah memadati dan mengelilingi kawasan Patung Kuda. Hingga pukul 10.44 WIB para buruh belum melakukan long march ke Istana.

Namun, di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Barat, Transjakarta masih beroperasi, tetapi hanya satu jalur.

Massa yang terdiri dari berbagai elemen organsiasi tersebut membawa sejumlah banner berisi tuntutan, di antaranya menuntut pembatalan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan, penghapusan outsourcing, kerja berkedok magang, turunkan harga kebutuhan pokok dan stop TKA kasar asal Cina, dan cabut Perspres Nomor 20 tahun 2018 tentang TKA.

“Kami tegaskan cabut PP 78 tahun 2015 dan tolak upah murah dan hapus juga outsourcing,” kata Sekjen Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Muhammad Rusdi.

Tampak juga sejumlah peserta dengan pakaian berwarna cokelat, khas pegawai pemerintahan dan juga ada yang memakai pakaian petani.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi demo buruh kali ini, petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus kendaraan saat peringatan Hari Buruh Internasional, di sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

“Nanti menuju ke Istana Negara tentunya dengan adanya massa atau kegiatan di Monas, kita akan mengadakan pengalihan arus atau rekayasa lalu lintas,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono. [ipk]

Bagikan Ini :