telusur.co.id – Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menilai dunia pendidikan saat ini sangat jauh dari ideal dan perlu kerja keras untuk mengejar banyak ketertinggalan dalam dunia pendidikan Indonesia.

“Kondisi pendidikan nasional hari ini masih jauh dari ideal,” ucap Jazuli dalam keterangan tertulis, Rabu (02/05/18).

Menurutnya, pada hari pendidikan nasional inilah hari yang tepat bagi Indonesia sebagai momentum untuk melakukan refleksi beberapa pekerjaan rumah dalam dunia pendidikan seperti menghadirkan siswa didik yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia serta mengejar ketertinggalan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui desain kurikulum dan materi ajar yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman yang terus berkembang.

“Indeks pembangunan manusia (IPM) bidang pendidikan kita masih jauh tertinggal. Demikian halnya dengan kemampuan riset dan inovasi yang dihasilkan dunia pendidikan tinggi kita juga masih kalah dibandingkan negara-negara lain termasuk di kawasan Asia Tenggara. Pemerataan pendidikan dari sisi kurikulum maupun infrastruktur pendidikan ke seluruh wilayah Indonesia. Percepatan pencapaian pendidikan di berbagai daerah, terutama luar Jawa mutlak menjadi target dan prioritas pemerintah,” ungkapnya

Tidak itu saja, Jazuli juga mendorong agar pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru, dosen, dan tenaga kependidikan khsusnya di daerah luar Jakarta.

Sebab, ia menilai, komponen kesejahteraan ini penting karena secara psikologis dan kualitatif mempengaruhi profesionalisme dalam proses pengajaran.

“Hal ini, bukan saja terkait gaji atau penghasilan, tapi menyangkut penghargaan profesi, peningkatan pengetahuan dan wawasan, serta tersedianya ruang kreativitas dan aktualisasi diri di lembaga-lembaga pendidikan,” ungkapnya kembali. (der)

Bagikan Ini :