Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Sejumlah partai politik di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sudah membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) dalam pemilihan umum legislatif yang akan digelar pada Tahun 2019.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Jember Anwari di Jember, Rabu mengatakan partainya membuka pendaftaran caleg hampir satu bulan penuh, yakni sejak Selasa (1/5) hingga 28 Mei 2018 di Kantor DPC setempat setiap hari.

“Semua masyarakat Jember dan luar kota boleh mendaftar menjadi caleg Partai Gerindra dan semuanya gratis,” katanya.

Menurutnya tim badan seleksi Partai Gerindra Jember sudah dibentuk yang diketuai oleh Siswono dan sekretaris Fatkhul Hadi yang akan melakukan seleksi dan penilaian terhadap para bakal caleg yang sudah mendaftar.

“Untuk pemilihan caleg dilakukan dengan melihat sejumlah indikator yang ada di antaranya memprioritaskan bakal caleg yang memiliki popularitas, elektabilitas, serta integritas yang baik di masyarakat, baik dari internal maupun eksternal partai,” tuturnya.

Ia menjelaskan Partai Gerindra Jember memiliki target yang cukup tinggi pada Pemilu Legislatif 2019, yakni sebanyak 12 kursi karena pada Pemilu Legislatif 2014 tercatat sebanyak sembilan kursi yang diraih partai berlambang kepala garuda tersebut di DPRD Kabupaten Jember.

Sementara Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jember Ayub Junaidi mengatakan partainya sudah membuka pendaftaran caleg 2019 lebih dulu dan terakhir pendaftaran ditutup pada 30 Mei 2018.

“Total sudah ada 67 orang bakal caleg yang mendaftar, padahal target kami hanya 55 orang. Mereka bukan hanya mengambil formulir, namun bahkan sudah banyak yang mengembalikan ke sekretariat PKB Jember,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Jember itu menjelaskan dari 67 bakal caleg yang sudah mendaftar tersebut tercatat 20 orang di antaranya adalah dari perempuan, sehingga hal itu sudah memenuhi kuota perempuan sesuai dengan undang-undang.

“Kami targetkan sebanyak 12 kursi untuk Pemilu Legislatif 2019 karena kami optimistis bisa meraih kejayaan seperti pada tahun 1999 dan 2004 yang mendapatkan 17 kursi di DPRD Jember, sedangkan tahun 2014 kami hanya mampu mendapatkan delapan kursi saja,” ujarnya.

Sementara DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga sudah membuka pendaftaran caleg pada 19 Maret hingga 31 Mei 2018 dan berdasarkan data tercatat sudah 25 orang yang mendaftar sebagai bakal caleg PPP. (der/ant)

Bagikan Ini :