foto|net

telusur.co.id – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Ada tiga alasan PSI mengarahkan dukungan kepada ibu Khofifah Indar Parawansa dan bro Emil Dardak,” ujar Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie dalam acara deklarasi dukungan PSI bagi Khofifah-Emil, di DPP PSI, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan alasan pertama partainya mendukung Khofifah-Emil karena pasangan nomor urut satu itu memiliki komitmen jelas terhadap sikap antikorupsi.

“Buat kami sikap antikorupsi tidak bisa ditawar. Kami hanya mendukung pasangan yang secara tegas akan melawan dan menjauhkan diri dari praktik-praktik korupsi,” jelas Grace.

Alasan kedua, pasangan itu dinilai nyata menolak intoleransi sekaligus menghargai keberagaman.

“Jika pasangan kandidat pemimpin daerah tidak punya pendirian jelas soal intoleransi, itu masalah. PSI tidak akan mendukungnya ketimbang merasa bersalah kelak,” tutur Grace.

Ketiga, PSI menilai pasangan Khofifah-Emil merepresentasikan generasi milenial, terutama sosok Emil yang disebut sebagai salah satu contoh milenial terhaik, kompeten, berintegritas, kreatif dan visioner.

Grace menyatakan PSI akan menggerakkan mesin-mesin politik yang dimiliki PSI di daerah untuk memenangkan Khofifah-Emil.

Dia menjelaskan, layaknya dukungan-dukungan terdahulu, dukungan PSI bersifat “bottom up”, yaitu berdasarkan aspirasi dari seluruh DPD PSI se-Jatim.

“Kami membudayakan ini untuk membangun tradisi politik yang sehat,” jelas Grace.

Sementara itu, Emil Dardak menyatakan dukungan tambahan dari PSI akan menambah semangat dirinya bersama Khofifah untuk berlaga di Pilgub Jatim.

“Dukungan PSI sebagai partai kaum milenial sangat berarti. Ini juga menjadi penegasan pentingnya kaum muda untuk maju di arena politik,” jelas Emil, yang hadir dalam deklarasi dukungan itu.

Emil menyampaikan salam dari Khofifah yang berhalangan hadir pada acara deklarasi itu.

“Ibu Khofifah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Bagi beliau bergabungnya PSI memberikan motivasi bagi beliau untuk dapat berjuang memimpin Jawa Timur,” jelas Emil.

Pilgub Jawa Timur diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan pasangan nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. (der/ant)

Bagikan Ini :