foto|net

telusur.co.id – Mantan dosen Filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada setiap 2 Mei, merupakan wahana pemerintah untuk melawan kedunguan.

“Kalau kita kaitkan dengan dalil mencari pemimpin yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, maka kita harus bisa mencari pemimpin yang mampu berperang melawan kedunguan,” ujar Rocky dalam seminar Pendidikan Nasional yang digelar oleh PKS di Kawanan Tanjung Barat, Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (2/5/18).

Rocky menjelaskan, tugas seorang pemimpin Tanah Air ialah harus mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena, misi itu telah diamanatkan dalam preambule Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Namun demikian, Rocky mengatakan, melihat tingkah laku Presiden Joko Widodo saat ini yang kerap melakukan bagi-bagi sepeda justru tidak mendidik warga. Bahkan, Rocky menuding, kegiatan seperti itu jauh dari nilai intelektual.

Selain itu, Rocky Juga menyindir ketika mantan Gubernur DKI Jakarta melakukan kunjungan ke daerah dan sering memberikan pertanyaan ke masyarakat tentang nama-nama ikan.

“Kalau sekadar menanyakan ikan itu menjelaskan kedunguan bangsa, karena kita diajak untuk mempertanyakan multiple choice, kalau misalkan presiden PKS membuat pertanyaan, kenapa ikan tidak bisa naik pohon, itu membuat rasa ingin tahu para murid,” tukas dia diikuti tawa riang dari para peserta seminar. (der)

Bagikan Ini :