nilai tukar rupiah terhadap dolar terus meleman/ foto:net

telusur.co.id – Kondisi rupiah terhadap dollar yang terus melemah akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Apa lagi posisi dollar menembus Rp13.965 rupiah.

Demikian diucapkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/5/18).

“Kalau menurut saya sudah sangat genting. Ini berbahaya. Implikasinya panjang terhadap pembayaran-pembayan dalam mata uang dolar. Kan meningkat berarti tajam,” ucapnya.

Fadli menduga, tingginya nilai dollar Amerika terhadap rupiah karena Pemerintah Indonesia tidak bisa memberikan iklim yang kuat pada ekonomi domestik disaat Amerika sedang menaikan suku bunganya.

“Amerika lebih menarik, suku bunga the fed naik, ekonomi membaik disana. Sedangkan disini adanya ketidakjelasan,” ujarnya.

Untuk itu, ia menyarankan pemerintah Jokowi-Jk segera mengevalusi seluruh kebijakan keuangan negara, dengan menggunakan sistim yang lebih memihak kepada rakyat sesuai dengan prinsip trisakti.

“Harusnya tidak bergantung pada asing kan itu semangatnya trisakti harus berdikasi secara ekonomi. Harusnya kita perbaiki regulasi-regulasi sehingga memperkuat ekonomi rakyat,” ungkapnya lebih lanjut.[far]

Bagikan Ini :