Net

telusur.co.id – Ekonom senior Rizal Ramli mengaku siap berdebat soal utang negara Indonesia dengan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati.

Hal ini merujuk pada pernyataan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang mempersilakan pihak-pihak yang mempersoalkan utang untuk beradu argumen dengan Sri Mulyani.

Rizal pun mengaku sedang menunggu kapan terlaksananya debat terbuka itu. Karena, sampai saat ini tantangan debat terbuka yang dirinya layangkan belum mendapatkan respons dari pihak istana.

Padahal, kata dia, sudah ada tiga televisi swasta yang mendatangi dirinya agar acara debat terbuka itu disiarkan secara ekslusif.

“Tiga Tv swasta kalau debat dia minta ekslusif live. Tapi, saya bilang lebih baik, seluruh rakyat Indonesia dengar, jangan ekslusif. Mereka sudah kirim surat kepada presiden sebagai dorongan. Kita tunggu saja,” kata Rizal di Gedung Parlemen, Senayan, Kamis (3/5/18).

Pria yang biasa disapa RR itu mengaku sangat menyangkan, apabila tantangan debat terbukanya ditolak oleh Sri yang telah mendapatkan penghargaan dari Internasional.

Karena, di dalam debat itu akan terbuka mengenai sistem kebijakan utang yang diterapkan oleh negara Indonesia, yang saat ini dinilainya sudah salah, karena semakin berada pada sistem neoliberalisme.

“Jadi ya Sri Mulyani, maju kena mundur kena,” kata dia.

“Kalau mau berdebat dengan saya, sebetulnya siapa yang manipulatif siapa yang menjadi masalah. Dia nggak mau maju, ya nggak bagus untuk Pak Jokowi. Pak Jokowi sudah perintahkan untuk debat, menterinya malah nolak. Jadi orang kan bingung, siapa presiden siapa anak buah. Harusnya biasa saja lah. Kita diskusi,” kata RR. [ipk]

Bagikan Ini :