Ketua Banggar DPR RI, Muhammad Azis Syamsuddin/Net

telusur.co.id – Usulan Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika agar dana perimbangan keuangan daerah diserahkan kepada pemerintah provinsi, mendapat sambutan baik dari Badan Anggaran DPR RI. Apalagi, tujuannya untuk pemerataan pembangunan di setiap kabupaten dan kota.

“Usulan Gubernur Bali menarik, yaitu keinginan dana perimbangan keuangan daerah diserahkan ke provinsi dan pajak Bali juga dikembalikan ke Bali untuk pengembangan pembangunan dan menjaga pariwisata Bali,” kata Ketua Banggar DPR, Muhammad Azis Syamsuddin, sesaat lalu.

Menurut Azis, usulan gubernur itu bisa jadi bahan kajian Banggar dalam tata kelola keuangan negara. Utamanya saat menyusun regulasi yang terkait anggaran. Usulan gubernur itu, kata Azis, bisa diselaraskan untuk kemakmuran rakyat, dalam konteks ini adalah rakyat Bali sendiri.

Menurut politikus Partai Golkar itu, pertumbuhan ekonomi di Bali, tahun ini meningkat dibanding tahun 2017. Tingkat kemiskinan pun menunjukkan tren penurunan. Pada bagian lain, soal peredaran mata uang asing di Bali, Azis mendesak Kanwil BI Bali melakukan surveillance (pengawasan) dan investigasi bersama pemerintah daerah.

“Jadi inti poin yang harus kita underline adalah melakukan integrated economy system yang ada di Bali ini, bisa dinaikkan ke integrated system yang ada di nasional. Tentu harus ada regulasinya untuk itu,” kata Azis. [ipk]

Bagikan Ini :