Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto/Net

telusur.co.id – Saat ini, PDI Perjuangan sedang fokus untuk memenangkan jagoan-jagoan mereka, yang berlaga di Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2018. Maka dari itu, PDIP belum dapat memutuskan siapa figur yang akan mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019 mendatang.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (4/5/18).

“PDI Perjuangan dan partai-partai politik mitra koalisi saat ini masih fokus menyiapkan kader-kader yang akan berkompetisi pada pilkada serentak 2018,” kata Hasto.

Sambil menyiapkan pelaksanaan pilkada serentak 2018, PDIP sampai saat ini juga terus membangun komunikasi dengan parpol koalisi, termasuk membicarakan kesamaan visi dan misi, dalam mengusung pasangan capres-cawapres.

PDIP sendiri, kata dia, dalam menentukan kriteria Cawapres tidak hanya mempertimbangkan faktor popularitas dan elektabilitas, tapi juga mempertimbangkan faktor kompetensi, rekam jejak, jiwa kepemimpinan, dan chemistry dengan Jokowi.

“Kriteria utama bagi PDI Perjuangan adalah pemimpin untuk rakyat, yang memahami rakyat, dan didukung oleh pengalaman,” kata Hasto.

Sebagaimana diketahui, Pilkada serentak tahun 2018 akan diselenggarakan di 171 daerah pada tanggal 27 Juni. [ipk]

Bagikan Ini :