foto/bs

telusur.co.id – Atletico Madrid berhasil menyingkirkan Arsenal dalam babak semi final Liga Europa berkat gol tunggal dari Diego Costa. Gara-gara gol itu Arsenal pulang tanpa gelar.

Atletico memastikan tiket final Liga Europa dengan agregat 2-1 menyusul kemenangan 1-0 atas Arsenal di Wanda Metropolitano, Jumat (4/5) dini hari WIB.

Pasukan Diego Simeone mengklaim final pertama di kompetisi ini sejak memenangkannya pada 2012, tapi di sisi lain hasil ini menutup peluang Arsene Wenger mengangkat trofi Eropa pertamanya sebagai manajer the Gunners, karena ia dipastikan meninggalkan klub setelah 22 tahun mengabdi.

Simeone, yang menjalani suspensi setelah dikartu merah pada leg pertama di Emirates, menyaksikan dari ruang VIP kala timnya unggul dari Diego Costa untuk memastikan final keempat di benua biru di bawah komandonya.

Costa mendapat peluang emas di menit keenam ketika ia melewati dua pemain Arsenal sebelum melepaskan tembakan, sayang usahanya masih melebar tipis.

The Gunners harus kehilangan Laurent Koscielny di menit ke-11, yang tampaknya mengalami cedera serius. Pemain Prancis itu tampak kesakitan sebelum akhirnya ditarik dan digantikan Calum Chambers.

Arsenal menciptakan peluang terbaik mereka di pertengahan babak pertama melalui Mesut Ozil, tapi tembakan pemain Jerman itu masih dapat diblok pemain Los Rojiblancos.

Antoine Griezmann juga nyaris memecah kebuntuan setelah 37 menit, tapi sepakannya melebar setelah mendapat ruang di area penalti.

Suporter di Wanda Metropolitano akhirnya bersorak gembira di pengujung babak pertama, ketika Costa mencetak gol untuk tuan rumah. Berawal dari bola panjang dari Jan Oblak, Griezmann berhasil mengirim umpan ke sisi kiri, di mana Costa sukses mengatasi penjagaan Hector Bellerin dan mengoyak jala Ospina dengan kaki kiirnya.

Butuh satu gol untuk memaksakan perpanjangan waktu, Arsenal aktif menyerang di babak kedua. Oblak melakukan penyelamatan untuk membendung sepakan Granit Xhaka setelah satu jam dan Griezmann juga memaksa Ospina membuat sabe setelah kerja sama dengan Costa beberapa menit kemudian.

Arsenal mengepung pertahanan Atleti demi menyamakan skor, namun mereka tak mampu menemukan gol yang dibutuhkan. ( ham )

Bagikan Ini :