foto|bs

telusur.co.id – Secara dramatis, Olympique Marseille mengunci tiket final Liga Europa, setelah mencuri satu gol tandang menuju akhir babak perpanjangan waktu di laga yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah Red Bull Salzburg, Jumat (4/5) dini hari WIB.

Kemenangan melawan Salzburg menjadi modal berhadapan dengan Atletico Madrid di babak final.

Salzburg yang merupakan besutan Marco Rose menjamu Marseille dengan defisit dua gol menyusul kekalahan 2-0 di leg pertama pekan lalu. Namun, berkaca pada sukses kebangkitan mereka melawan Lazio di babak sebelumnya, Marseille pantang jemawa di laga ini.

Benar saja, tuan rumah Salzburg mendominasi permainan sejak awal dan kans pertama didapat di menit ke-12. Dabbur mendapat bola di dekar area penalti dan melepaskan tembakan. Kiper Marseille Yohann Pele gagal melakukan penyelamatan gemilang, beruntung masih ada Gustavo melakukan clearance di area berbahaya.

Memaski pertengahan babak pertama, tempo permainan justru menurun hingga kedudukan imbang tanpa gol bertahan sampai jeda.

Namun, Salzburg akhirnya mendapat gol untuk memperkecil defisit delapan menit setelah babak kedua dimulai. Gelandang Amadou Haidara menaklukkan Pele dengan mengarahkan bola ke pojok bawah gawang setelah melewati tiga pemain belakang lawan.

Pertandingan makin sengit ketika Salzburg mencetak gol kedua di menit ke-65 lewat bunuh diri Bouna Sarr. Berawal dari aksi Haidara yang sukses menembus lini belakang Marseille, crossing-nya gagal dimentahkan Rami sehingga Schlager mengirim bola ke arah gawang. Bola nyaris melebar, sebelum Sarr justru menyentuhnya dengan kaki kiri yang berakhir di gawang sendiri.

Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu karena skor 1-1 bertahan sampai waktu normal. Memasuki peluit panjang, Marseille mencetak gol krusial – dan kontroversial – melalui pemain pengganti Rolando setelah menerima umpan Payet dari tendangan sudut.

Terjadi protes keras dari kubu Salzburg, termasuk pelatih Rose, karena menilai Marseille tak seharusnya mendapat sepak pojok. Salzburg bahkan harus kehilangan Haidara yang mendapat kartu kuning kedua setelah mengganggu pergerakan Payet. ( ham )

Bagikan Ini :