Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Seorang warga berusaha untuk membunuh menteri dengan menggunakan senjata api. Beruntung menteri tersebut bisa selamat dan hanya mengalami luka.

Peristiwa itu menimpa Menteri Dalam Negeri Pakistan, Ahsan Iqbal, saat berada di Kabupaten Narowal, Provinsi Punjab, di bagian timur Pakistan, Minggu malam (6/5/18), waktu setempat.

Juru bicara pemerintah Punjab mengatakan, menteri itu terbebas dari bahaya dan telah dibawa ke Rumah Sakit di Lahore, Ibu Kota Provinsi tersebut, dengan menggunakan helikopter.

Perwira Polisi Kabupaten Narowal, Imran Kishwar mengatakan, seorang warga lokal menembak menteri itu segera setelah ia mengakhiri pidatonya selama pertemuan terbuka di Kota Kecil Kanjrur, tempat asal menteri tersebut.

Pria bersenjata itu, Abid Hussain (22), melepaskan satu tembakan dari jarak 10 sampai 12 meter, dan pelurunya mengenai lengan kanan menteri tersebut.

Seperti dikutip dari Xinhua, Senin (7/5/18), tersangka dibekuk polisi tak lama setelah melepaskan timah panas.

Media lokal, dengan mengutip beberapa saksi mata, melaporkan bahwa segera setelah melepaskan tembakan, tersangka yang bersenjata mengumumkan ia menyerang untuk melakukan pembalasan sebab anak buah Iqbal membunuh keluarganya pada masalalu.

Namun, beberapa laporan mengatakan tersangka penyerang, di dalam pernyataan pengakuannya, mengatakan ia menyerang Iqbal sebab menteri tersebut termasuk di antara anggota partai yang berkuasa yang mengubah peraturan agama tahun lalu.

Iqbal termasuk di antara otak utama elit politik Pakistan. Ia melaksanakan tugasnya bersama dua portofolio lagi, termasuk Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perencanaan, Pembangunan dan Pembaruan. [ipk]

Bagikan Ini :